Penerapan model pembelajaran direct instruction dipadukan dengan snowball drilling untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Jejangkit Muara 2
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran direct instruction dipadukan dengan snowball drilling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bersifat kolaborasi. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran, aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama memperoleh skor 24, sedangkan pada pertemuan kedua memperoleh skor 29. dan pada siklus II pertemuan pertama memperoleh skor 32 sedangkan pada pertemuan kedua memperoleh skor 36. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I pertemuan pertama mencapai 52% sedangkan pada pertemuan keduanya 62%, dan pada siklus II pertemuan pertama mencapai 76% sedangkan pada pertemuan keduanya mencapai 89%. Hasil belajar berdasarkan tes akhir siklus I secara klasikal mencapai 65% kemudian meningkat pada siklus II mencapai 90%.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Isjoni. 2012. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM Dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik :Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching &Learning). Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
Kemmis, S. & Mc. Tagart, R. 1988. The Action Research Planner. Deakin University Press. Victoria.
Ratnasari, Yuni. (2014). Implementasi Pendidikan Ramah Anak Melalui Model Pembelajaran Snowball Drilling Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Gribig Kudus Diakses tanggal 27 Juli 2018 dari http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/2275
Safitri, R, Kuswadi, Amir. (2013). Peningkatan Pemahaman Konsep Proses Pembentukan Tanah dengan Model Kooperatif Tipe Snowball Drilling Diakses tanggal 27 Juli 2018 dari http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/2275
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: PT AR Ruzz Media
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Whardani, I.G.A.K. & Kuswaya W. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.