Kompetensi profesional guru sekolah dasar

  • Yudha Adrian
Keywords: kompetensi guru,, kompetensi profesional dan guru sekolah dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi professional guru sekolah dasar dalam lingkup pembelajaran IPS di kelas 2 SDN Kelayan Barat 3 Banjarmasin. Lingkup tersebut yaitu, perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan evaluasi pembelajaran IPS kelas 2 sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik yaitu; wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) guru kelas 2 yang mengajar mata pelajaran IPS telah berkualifikasi pendidikan S1 PGSD. Dengan kata lain, guru ini sudah memiliki kualifikasi akademik sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. 2) Pertama, guru kelas 2 yang mengajarkan mata pelajaran IPS mampu merancang perencanaan pembelajaran. Kedua, dia melaksanakan pembelajaran mengacu pada kompetensi yang telah ditetapkan pada RPP. Ketiga, dia melaksanakan penilaian menggunakan instrumen tes. Keempat, dia melaksanakan evaluasi berdasarkan hasil belajar siswa. Berdasarkan, hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa guru kelas 2 yang mengajar mata pelajaran IPS memiliki kompetensi professional karena memiliki kualifikasi akademik, menguasai materi pelajaran, dan mampu merancang serta evaluasi pembelajaran secara sistematis sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan. Saran yang diajukan guru hendaknya melakukan evaluasi menggunakan penilaian non tes. Kepala sekolah hendanya memberikan pelatihan kepada guru agar mempermudah guru dalam melaksanakan penilaian berbentuk non tes. Penelitian ini hendaknya dilanjutkan pada dengan bahasan kompetensi dasar yang lain sehingga akan menutupi kekurangan pada penelitian ini.

Published
2017-06-05
How to Cite
Adrian, Y. (2017). Kompetensi profesional guru sekolah dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.33654/jpl.v12i1.408
Section
Articles
Abstract viewed = 246 times
PDF downloaded = 1553 times

Most read articles by the same author(s)