Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN Jejangkit Muara 2

  • Rahidatul Laila Agustina
Keywords: Teams Games Tournament, Hasil Belajar PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn khususnya materi organisasi dengan menggunakan model pembelajaran teams games tournament (TGT). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jejangkit Muara 2 pada tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bersifat kolaborasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data belajar siswa, peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas terjadi peningkatan yaitu pada nilai awal sebelum diberi tindakan sebesar 61,5, siklus I 70,9, dan pada siklus II naik menjadi 81,6. Untuk siswa tuntas belajar (nilai ketuntasan 74) pada nilai awal sebelum diberi tindakan 40%, tes siklus I 60% setelah dilakukan refleksi terdapat 6 siswa yang tidak tuntas (nilai ulangan dibawah 74), namun secara keseluruhan sudah meningkat hasil belajarnya bila dilihat dari presentase ketuntasan siswa, dan pada tes siklus II menjadi 90%, ini menandakan sudah tercapai kriteria ketuntasan klasikal minimal yaitu sekurang-kurangnya 80 % siswa mendapat nilai 74.Dari hasil temuan dalam penelitian ini diharapkan agar guru di sekolah dasar dapat menggunakan model teams games tournament (TGT) dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar sebagai upaya dalam menciptakan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran

Published
2017-04-01
Abstract viewed = 204 times
PDF downloaded = 1199 times