STRATEGI DALAM MENGATASI MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN BAHASA IBU DI DALAM KELAS PADA MATA KULIAH ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS TAHUN AKADEMIK 2021/2022

  • Wulida Makhtuna STKIP PGRI Banjarmasin
  • Norliani STKIP PGRI Banjarmasin

Abstract

Guru atau dosen adalah seorang pendidik yang mempunyai peranan penting terhadap kesuksesan pembelajaran di dalam kelas. Maka seorang guru atau dosen harus mempunyai keterampilan dalam mengelola kelas yang di ajarnya. Banyak hal yang harus guru atau dosen atasi pada saat mengajar di dalam kelas, salah satunya adalah ketika ada murid atau mahasiswa yang menggunakan Bahasa ibu pada saat proses belajar mengajar Bahasa Inggris. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dosen dalam mengatasi mahasiswa yang masih menggunakan Bahasa ibu pada mata kuliah English for Young Learners pada jurusan PGSD STKIP PGRI Banjarmasin tahun akademik 2021/2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan pada pengumpulan data adalah pengamatan langsung di lapangan. Pengamatan di lakukan selama tiga kali pertemuan. Ada tiga Teknik analisis data yang digunakan yang pertama  adalah pengelompokan data yang sesuai dengan teori yang di gunakan, yang ke dua adalah memasukan data tersebut dalam tabel dan yang terahir adalah penarikan kesimpulan. Dari analisis data yang di lakukan , hasil penelitian ini menunjukan bahwa  ada tiga strategi yang di gunakan dosen pada saat menghadapi  mahasiswa yang  berbicara menggunakan Bahasa ibu didalam kelas adalah  (1) create an English environment ( menciptakan memciptakan suasana yang menggunakan Bahasa Inggris), (2)keep reminding them ( terus mengingatkan.)  (3),  dan yang yang terahir adalah Encourage them to use English appropriately (mendorong mereka untuk menggunakan Bahasa Inggris) .

Published
2022-02-03
How to Cite
Makhtuna, W., & Norliani. (2022). STRATEGI DALAM MENGATASI MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN BAHASA IBU DI DALAM KELAS PADA MATA KULIAH ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS TAHUN AKADEMIK 2021/2022. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3). https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i3.1514
Abstract viewed = 148 times
PDF downloaded = 128 times