Analisis tahapan pemecahan masalah siswa SMP dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika konten geometri di SMP Negeri 2 Salatiga

Analysis stage of problem solving in completing the math olympiad geometry content in junior high school 2 Salatiga

  • Aryana Damanik Universitas Kristen Satya Wacana
  • Novisita Ratu Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: John Dewey, masalah matematika, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis tahapan pemecahan masalah berdasarkan tahapan pemecahan masalah John Dewey pada siswa SMP dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika konten geometri di SMP Negeri 2 Salatiga. Subjek penelitian siswa kelas VIII H sebanyak 3 siswa yang berkemampuan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode mengumpulkan data dalam penelitian yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada subjek dengan kemampuan matematika tinggi mampu melaksanakan keenam tahapan pemecahan masalah tersebut, walaupun ada satu subjek dilihat dari tahapan pemecahan masalah yang belum terpenuhi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budhayanti, C. I. S. (departemen pendidikan nasional). (2018). Penulis Clara Ika Sari Budhayanti Josef Tjahjo Baskoro Edy Ambar Roostanto Bitman Simanullang Penelaah Materi M . Syaifuddin Penyunting Bahasa Yumiati Layout Renaldo Rhesky N (pp. 1–302).

Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar (pp. 8–9).

Makur, A. P., Prahmana, R. C. I., & Gunur, B. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Peserta Osk Matematika Tingkat Sd, Dan Strategi Think, Talk, and Write. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 23–32. https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.5677.

Nissa, I. C. (2015). Pemecahan Masalah Matematika (Teori dan Contoh Praktek).

Rianto, V. M., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2017). Kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan teori john dewey pada materi trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Untan, 6(7).

Sari, D. N., & Mampouw, H. L. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika. 5(2), 110–122.

Setiawan, Y. B., Hapizah, H., & Hiltrimartin, C. (2018). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Olimpiade SMP konten aljabar Students ’ error in solving junior high school Olympiad problem on algebra content. 5(2), 233–243.

Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika.

Published
2021-09-14
How to Cite
Damanik, A., & Ratu, N. (2021). Analisis tahapan pemecahan masalah siswa SMP dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika konten geometri di SMP Negeri 2 Salatiga. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 186-194. https://doi.org/10.33654/math.v7i2.811
Section
Research
Abstract viewed = 464 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 412 times