Deskripsi berpikir tingkat tinggi siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship

  • Mochamad Hendri Kusuma Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Novisita Ratu Universitas Kristen Satya Wacana
Kata Kunci: HOT, PISA, Change And Relationship

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika PISA pada konten change and relationship. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019 yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dalam analisis data. Berdasarkan hasil analisis diperoleh (1) subjek INA dan subjek PSP mampu mencapai semua level berpikir tingkat tinggi mulai dari menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta/mengkreasi (C6), (2) kedua subjek menunjukkan adanya perbedaan penyelesaian pada soal C5 dan C6 namun tidak ada perbedaan penyelesaian untuk soal C4. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran kepada guru terutama dalam pembelajaran matematika mengenai level berpikir tingkat tinggi yang dimiliki oleh siswa sehingga guru mampu menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan berpikir siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

FKIP UKSW Salatiga

Referensi

Edo, S. I., Hartono, dan Ilma, R. 2012. Investigating Secondary School Students’ Difficulties in Modelling Problems PISA-Model level 5 and 6. Journal on Mathematics Education (IndoMS. J.M.E), 4(1), 41-58.

Gunawan, Adi W. 2003. Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Heong, Y. M., dkk. 2011. The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students. International Journal of Social and humanity, 1(2), 121-125.

Mujaid, Achmad. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Matematika Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Tesis, tidak dipublikasikan. Program Pascasarjana Universitas Terbuka Jakarta.

OECD. 2012. PISA 2012: Data Tables, Figures, and Exhibits. Diakses tanggal 18 Februari 2018 dari https://nces.ed.gov/pubs2014/2014024_tables.pdf.

OECD. 2015. Draft PISA 2015 Mathematics Framework. Diakses tanggal 18 Februari 2018 dari https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/Draft%20PISA%202015%20Mathematics%20Framework%20.pdf.

Setiawan, H., dkk. (2014). Soal Matematika Dalam PISA Kaitannya Dengan Literasi Matematika Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematik, 1(1). Jember: Univesitas Jember.

Syahwaludi, Muhammad. dkk. 2016. Higher Order Thingking Skills Siswa Pada Materi Statistika Kelas XI IPA MAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(11).

Wardhani, Sri dan Rumiyati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Widana, I Wayan. 2017. Modul Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Diterbitkan
2018-08-23
Bagian
Research
Abstrak viewed = 850 times
PDF downloaded = 1108 times