Identifikasi kesalahan berpikir visual mahasiswa dalam menggambar grafik fungsi real

  • Darmadi Darmadi FKIP Universitas PGRI Madiun

Abstrak

Untuk memahami konsep dan prosedur pembuktian keintegralan suatu fungsi, mahasiswa perlu mengetahui gambaran konsep dari fungsi dan gambaran prosedur dari tiap-tiap langkahnya. Berpikir dengan menggunakan gambaran konsep dan gambaran prosedur menunjukkan mahasiswa telah berpikir visual. Makalah ini membahas hasil analisis kesalahan berpikir visual mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Madiun dalam menggambarkan grafik fungsi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Darmadi (2011). “Imajeri Mahasiswa Dalam Pembelajaran Analisis Real (Studi Kasus Di IKIP PGRI MADIUN)”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNY, Jogjakarta, 3 Desember 2011

Darmadi (2012). “Membangun Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan dengan Visualisasi”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNY, Jogjakarta, 24 Maret 2012

Darmadi (2015). “Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Memahami Definisi Formal Berdasarkan Perbedaan Gender”. Disertasi, UNESA, Surabaya

Darmadi (2016). “Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri”, Jurnal Math Educator Nusantara, ISSN: 2459-97345, Volume 2 Nomor 2, Hal 1-93, Mei 2016, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri
Diterbitkan
2017-08-30
Bagian
Research
Abstrak viewed = 581 times
PDF (English) downloaded = 608 times