Pengembangan instrumen tes geometri dan pengukuran pada jenjang SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengembangkan instrumen tes pada aspek materi geometri dan pengukuran di jenjang SMP, serta (2) menetapkan karakteristik butir soal pada instrumen tes yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan tes hasil belajar. Uji coba terhadap butir soal yang dikembangkan dilaksanakan di kelas IX SMP di Kota Banjarmasin pada 5 sekolah berbeda. Analisis butir dilakukan dengan program Iteman. Kesimpulan: (1) penelitian ini berhasil mengembangkan instrumen tes hasil belajar geometri dan pengukuran di jenjang SMP dengan memperhatikan prosedur-prosedur pengembangan yang berlaku yaitu, menyusun spesifikasi tes, menulis butir soal, menelaah butir soal, melakukan uji coba, dan menganalisis butir soal. Analisis butir dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang tingkat kesukaran, daya beda, dan efektivitas pengecoh dari butir-butir soal yang telah dibuat, (2) dari 200 butir soal yang dikembangkan berdasarkan hasil uji coba dan analisis butir diperoleh 23 butir soal diterima, 42 butir soal yang harus direvisi, dan 135 butir soal ditolak.
Downloads
References
Depdiknas. 2000. Pedoman pengembangan bank soal. Jakarta: Balitbang, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian.
Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.
-------------. 2012. Pengukuran, Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahidmurni, dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Litera.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)