Pengembangan LKPD berbasis project based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Seluma

Developing student worksheets based on project-based learning to improve understanding of mathematical concepts for students at grade VIII of state junior high school 6 Seluma

  • Sari Azni Nurcahyati Universitas Bengkulu
  • Saleh Haji Universitas Bengkulu
  • Ringki Agustinsa Universitas Bengkulu
Keywords: LKPD, pemahaman konsep matematis, penelitian pengembangan, project based learning

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk menghasilkan pengembangan LKPD berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Statistika kelas VIII SMPN 6 Seluma yang praktis, efektif, maupun valid. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mempergunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas 4 tahap, yakni pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebaran. Alat ukur penelitian membuktikan pengembangan LKPD berbasis PjBL masuk kategori: (1) Sangat Valid, memperoleh rerata skor validasi 4,64 masuk kategori sangat valid dan hasil uji reliabilitas antar validator menggunakan skor ICC sebesar 0,998 dengan kategori sangat baik; (2) Sangat Praktis dengan skor rerata kepraktisan oleh siswa dan guru sebesar 4,55; (3) Efektif dari perolehan skor N-Gain 0,7676 masuk kategori tinggi serta ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 86,2%. Berlandaskan hasil penelitian yang dilaksanakan, peneliti merekomendasikan untuk menggunakan LKPD berbasis PjBL dalam kegiatan pembelajaran karena LKPD berbasis PjBL efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis maupun hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sari Azni Nurcahyati, Universitas Bengkulu

Jl. WR. Supratman, Kandang Limun, Kota Bengkulu

Saleh Haji, Universitas Bengkulu

Jl. WR. Supratman, Kandang Limun, Kota Bengkulu

Ringki Agustinsa, Universitas Bengkulu

Jl. WR. Supratman, Kandang Limun, Kota Bengkulu

References

Arsana, I. W. O. K., & Sujan, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning dalam Muatan Materi IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 134–143. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii

Barlenti, I., Hasan, M., & Mahidin, M. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 81–86.

Basuki, W., & Wijaya, A. (2021). The Development of Student Worksheet Based on Realistic Mathematics Education in Ordinary Differential Equations of Order-1. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012018

Diniaty, A., & Atun, S. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Industri Kecil Kimia Berorientasi Kewirausahaan untuk SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 46–56.

Fitri, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Persamaan Lingkaran. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 241–257.

Haji, S., Abdullah, M. I., Maizora, S., & Yumiati, Y. (2017). Developing Students’ Ability of Mathematical Connection Through Using Outdoor Mathematics Learning. Infinity Journal, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.22460/INFINITY.V6I1.P11-20

Haji, S., & Yumiati. (2019). NCTM’s Principles and Standards for Developing Conceptual Understanding in Mathematics. Journal of Research in Mathematics Trends and Technology, 1(2), 52–60. https://doi.org/10.32734/JORMTT.V1I2.2836

Hudiria, I., Haji, S., & Zamzaili. (2022). Mathematical Disposition dan Self-concept terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa pada Masa Pandemi COVID-19. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 435–446. https://doi.org/10.31980/MOSHARAFA.V11I3.1273

Khaira, U., Darmansyah, & Fitria, Y. (2022). Uji Praktikalitas Pengembangan LKPD dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Pengumpulan dan Penyajian Data. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 868–877. https://doi.org/10.36989/DIDAKTIK.V8I2.438

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar (1st ed.). PT Bumi Aksara.

Kusumawati, R., Hartono, Y., Susanti, E., & Kurniawan, H. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning pada Materi Statistika Kelas VIII SMP di Kecamatan Pasemah Air Keruh. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 28–37.

Lathiifah, I. J., Apriani, F., & Agustine, P. C. (2019). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 85–94. https://doi.org/10.20414/TRANSFORMASI.V15I2.1255

Lestari, L., & Surya, E. (2017). The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 34(1), 91–100.

Pasaribu, E. Z., Ritonga, M. W., Watrianthos, R., & Hidayah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Rantau selatan. MAJU, 7(2), 212–220.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Rahayu, L. S., Irianto, S., & Anggoro, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Volume Bangun Ruang Tak Beraturan Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019, 1(1), 243–256.

Sabaniah, N., Winarni, E. W., & Jumiarni, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Creative Problem Solving. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 230–239. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.230-239

Saidah, N., Parmin, P., & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis PBL Melalui Lesson Study Tema Ekosistem dan Pelestarian Lingkungan. Unnes Science Education Journal, 3(2), 549–556. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.434

Septia, Y. L., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2022). Pengembangan Media Baret Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V6I1.986

Septiyani, D. Y., Haji, S., & Widada, W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Calon Guru Matematika Melalui Aplikasi E-Learning Zoom pada Mata Kuliah Microteaching di Universitas Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3), 74–83. https://doi.org/10.33369/JPMR.V5I3.13063

Siswono, T. Y. E., Hartono, S., & Kohar, A. W. (2018). Effectiveness of Project Based Learning in Statistics for Lower Secondary Schools. Eurasian Journal of Educational Research, 2018(75), 197–212. https://doi.org/10.14689/ejer.2018.75.11

Tuzzahra, R., Hanifah, H., & Maizora, S. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Model PjBL Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(1), 69–81. https://doi.org/10.33369/JP2MS.4.1.69-81

Wahyuni, R., Siregar, A., Salwa, G., Hillary, G., Napitupulu, J., Siregar, M., Indah, N., & Harahap, S. (2021). Penerapan E-LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Natural Sciences, 2(2), 62–71. https://doi.org/10.34007/JONAS.V2I2.99

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar FKIP UMSU. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88.

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaki, R. (2017). Validation of Instrument Measuring Continuous Variable in Medicine. In Advances in Statistical Methodologies and Their Application to Real Problems (pp. 217–238). InTech. https://doi.org/10.5772/66151

Published
2024-05-08
How to Cite
Nurcahyati, S. A., Haji, S., & Agustinsa, R. (2024). Pengembangan LKPD berbasis project based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Seluma. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 126-141. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2350
Abstract viewed = 96 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 76 times