Pengembangan media pembelajaran lingkaran menggunakan augmented reality berbasis android bagi siswa tunarungu

Development learning media of circle using android-based augmented reality for the deaf students

  • Andriyani Andriyani 081234198720
  • Joko Lianto Buliali Institut Teknologi Sepuluh November
Keywords: augmented reality, lingkaran, media pembelajaran, tunarungu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran lingkaran dengan augmented reality berbasis Android yang valid dan praktis bagi siswa tunarungu. Media pembelajaran tersebut akan dinilai kelayakannya dari segi kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas empat tahap yaitu analisis, pendesainan, pengembangan, implementasi dan tahap evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 17 siswa tunarungu kelas VII, VIII dan IX di SLBN 2 Bantul. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen angket penilaian kevalidan dari segi materi dan media, serta lembar angket respon siswa. Analisis data skor validasi ahli dan skor respon siswa yang berbentuk skor skala lima (kategori kuantitatif), dikonversi ke dalam kategori kualitatif. Hasil penelitian berupa media lingkaran dengan augmented reality berbasis Android yang valid dan praktis. Ditinjau dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media, kevalidan media termasuk kategori sangat baik. Sedangkan dari penilaian respon siswa, kepraktisan media termasuk kategori sangat baik. Siswa tunarungu terlihat antusias menggunakan media pembelajaran yang mengakomodir keterbatasan indra pendengarannya, melalui penyajian teks sebagai pengganti audio dalam mengilustrasikan konten visual konsep lingkaran. Meskipun sudah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan, namun media yang dikembangkan masih memiliki keterbatasan yang memerlukan adanya penelitian lebih lanjut menurut penilaian guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi siswa kelas VIII. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64–74.

Amir, Z., & Sari, N. (2018). The development of learning media based on visual, auditory, and kinesthetic (VAK) approach to facilitate students’ mathematical understanding ability. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1), 1–8.

Anggraini, G. R., & Ariyanto, M. P. (2017). Analisis kesulitan pemahaman konsep pada materi Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura (pp. 1–9). Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017.

Annur, M. F., & Hermansyah, H. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.

Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73.

Azuma, R. T. (1997). A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators & Virtual Environments, 6(4), 355–385.

Azwar, S. (2010). Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Tes dan Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ofset.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Budiyono, A., Kusumaningsih, W., & Albab, I. U. (2019). Desain Pembelajaran Luas Lingkaran dengan Konteks Explore Dapur Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP). Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 37–44.

Buliali, J. L., Andriyani, & Pramudya, Y. (2021). Innovative Learning Model with Augmented Reality Technology for Deaf Students. Elementary Education Online, 20(1),663–673. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.56

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140.

Dale, E. (1969). Audiovisual Methods in Teaching. Holt, Rinehart & Winston.

Emilya, D., Darmawijoyo, & Putri, R. I. I. (2010). Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 8–18.

Hamdunah, H., Suryani, M., & Wijaya, F. I. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Realistik pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pelangi, 9(2), 135–143.

Harsono, H., Rosanti, S. Y., & Seman, N. A. A. (2019). The Effectiveness of Posters as A Learning Media to Improve Student Learning Quality. The Journal of Social Sciences Research, 97–103.

Hidayati, R. (2017). Keefektifan Setting TPS dalam Pendekatan Discovery Learning dan Problem-Based Learning pada Pembelajaran Materi Lingkaran SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 78–86.

Januszewski, A., & Molenda, M. (2013). Educational Technology: A Definition with Commentary. Routledge.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Marschark, M., Morrison, C., Lukomski, J., Borgna, G., & Convertino, C. (2013). Are Deaf Students Visual Learners? Learning and Individual Differences, 25, 156–162.

Marschark, M., Paivio, A., Spencer, L. J., Durkin, A., Borgna, G., Convertino, C., & Machmer, E. (2017). Don’t Assume Deaf Students are Visual Learners. Journal of Developmental and Physical Disabilities, 29(1), 153–171.

Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guided Discovery untuk Siswa SMP Kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12–23.

Pusca, D., & Northwood, D. O. (2016). Technology-Based Activities for Transformative Teaching and Learning. World Trans. on Engng. and Technol. Educ, 14(1), 77–82.

Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32–39.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79–92.

Rikanah, D., & Winarso, W. (2016). Penguasaan Konsep Lingkaran terhadap Kemampuan Spasial Matematika Siswa Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26.

Silvia, A., Martias, Z., & Hasan, Y. (2013). Efektivitas Permainan Puzzle Tangkai untuk Mengenalkan Bangun Datar Sederhana bagi Anak Tunarungu Kelas II B. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3), 473–486.

Suciati, S. (2020). Peningkatan Kreativitas dan Inisiatif Guru melalui Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 79–85.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2020). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Yogyakarta: Remaja Rosda Karya.

Syafrudin, T., & Sujarwo, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Matematika bagi Siswa Tunarungu. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 87–94.

Umar, A. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dengan Hypnoteaching terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal As-Salam, 1(1), 18–28.

Utami, A. D. (2015). Strategi Guru dalam Membelajarkan Matematika terkait Pengetahuan Prosedural pada Materi Lingkaran kepada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Edukasi, 1(2), 147–156.

Published
2021-09-13
How to Cite
Andriyani, A., & Buliali, J. L. (2021). Pengembangan media pembelajaran lingkaran menggunakan augmented reality berbasis android bagi siswa tunarungu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 170-185. https://doi.org/10.33654/math.v7i2.1353
Section
Research
Abstract viewed = 993 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 655 times