Analisis pemahaman konsep lingkaran berdasarkan gaya belajar siswa tunarungu di SLB Negeri 2 Bantul
Analysis of the circle concept understanding based on the learning style of deaf students at SLB Negeri 2 Bantul
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa tunarungu terhadap konsep lingkaran berdasarkan gaya belajarnya. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa tunarungu di SLB Negeri 2 Bantul. Instrumen penelitian campuran dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif ini berupa instrumen tes gaya belajar, instrumen tes pemahaman, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data penelitian dilakukan selama dan setelah pengumpulan data agar data yang diperoleh tersusun secara sistematis dan lebih mudah ditafsirkan. Dalam penelitian ini analisis data kuantitatif dilakukan melalui analisis statistik deskriptif dengan menyajikan hasil tes pemahaman maupun hasil tes gaya belajar siswa dalam bentuk diagram. Analisis data kualitatif dilakukan secara induktif dimulai dengan menelaah seluruh data hasil wawancara dan observasi, kemudian reduksi data, penyajian, dan verifikasi sampai diperoleh suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa gaya belajar siswa tunarungu adalah visual, kinestetik dan kombinasi keduanya (visual-kinestetik). Dari hasil analisis juga diperoleh bahwa gaya belajar yang dimiliki siswa memiliki keterkaitan dan pengaruh terhadap capaian pemahaman siswa. Terdapat empat aspek pemahaman lingkaran yang dicapai siswa dengan nilai melebihi KKM, yaitu aspek menginterpretasikan, mengelompokkan, memberi contoh dan membandingkan. Sedangkan tiga aspek pemahaman lainnya yaitu meringkas, menjelaskan dan menyimpulkan masih berada di bawah KKM.
Downloads
References
Anderson, L. W., & Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing : A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (Addison We). New York.
Apriliawan, A., Gembong, S., & Sanusi, S. (2013). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Uraian Matematika Siswa MTs pada Pokok Bahasan Unsur-Unsur Lingkaran. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(2). https://doi.org/10.25273/jipm.v1i2.480
DePorter, B., & Hernacki, M. (2006). Quantum Learning (Edisi Revi). Bandung: Kaifa.
Fabiyi, T. R. (2017). Geometry Concepts in Mathematics Perceived Difficult to Learn by Senior Secondary School Students in Ekiti State, Nigeria. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 7(1), 83–90. https://doi.org/10.9790/7388-0701018390
Ghufron, M. N. (2013). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hakim, B. R., dan Haryudo, S. I. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif animasi flash pada standar kompetensi memasang instalasi listrik bangunan sederhana. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 15- 21.
Landry, J. M. (2011). Learning Styles of Law Enforcement Officers: Does Police Work Affect How Officers Learn?
Prayugo, W. F. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Jarimagic terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Tunarungu Kelas IV.
Rizov, T., & Rizova, E. (2015). Augmented reality as a teaching tool in higher education. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 3(1), 7–16.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Sriadhi. (2015). Analisis Karakteristik Media Pembelajaran Dan Motivasi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. EducanduM, VIII, 37–47.
Timutius, F., Apriliani, N. R., & Bernard, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX-G Di SMP Negeri 3 Cimahi Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 305. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p305-312
Ula, S. S. (2013). Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan Melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037
Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan Benda-benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edisi Khusus, (1), 63–75. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/file/7-Ety_Mukhlesi_Yeni.pdf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)