Representasi citra guru dalam novel sang Pelopor dan novel Pesantren Ilalang berdasarkan tinjauan psikologi sastra

  • Irni Cahyani
Keywords: Representasi,, citra guru,, novel

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah sebagai berikut. Bagaimana citra guru digambarkan dalam novel Sang Pelopor dan novel Pesantren Ilalang berkaitan dengan status personal? Bagaimana citra guru digambarkan dalam novel Sang Pelopor dan novel Pesantren Ilalang berkaitan dengan status profesional? Bagaimana citra guru digambarkan dalam novel Sang Pelopor dan novel Pesantren Ilalang berkaitan dengan status sosial? Bagaimana kondisi kejiwaan guru yang direpresentasikan dalam novel Sang Pelopor dan novel Pesantren Ilalang? Bagaimana kondisi kepribadian guru yang direpresentasikan dalam novel Sang Pelopor dan novel Pesantren Ilalang? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analitis. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis novel Sang Pelopor dan novel Pesantren Ilalang yang bertokoh guru, sehingga dapat merepresentasikan citra guru dalam novel Sang Pelopor dan novel Pesantren Ilalang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kondisi kejiwaan guru yang direpresentasikan dalam novel Sang Pelopor dan novel Pesantren Ilalang secara keseluruhan menunjukkan kondisi kejiwaan yang bermacam-macam. Setiap tokoh memiliki kondisi psikologis yang berbeda sesuai dengan prinsip dan orientasinya dalam menjalani kehidupan. Sifat-sifat berupa bijaksana, tenang, dan lembut merupakan sifat bawaan yang bisa terjadi pada siapapun termasuk pada tokoh guru dalam novel. Reaksi individu dalam menanggapi permasalahan sangat dipengaruhi oleh caranya berpikir dan melakukan persepsi, serta membuat interpretasi.

Published
2016-06-06
How to Cite
Cahyani, I. (2016). Representasi citra guru dalam novel sang Pelopor dan novel Pesantren Ilalang berdasarkan tinjauan psikologi sastra. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1). https://doi.org/10.33654/jpl.v11i1.425
Section
Articles
Abstract viewed = 252 times
PDF downloaded = 327 times

Most read articles by the same author(s)