Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas VII MTsN Sei Pimping Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong

  • Irni Cahyani
  • Endang Sulistyowati

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas pada kelas VII MTsN Sei Pimping Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong masih belum sesuai dengan harapan. Masih ada yang dibawah KKM yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi bebas melalui media gambar pada siswa dan memaparkan aktivitas guru dan siswa kelas VII MTsN Sei Pimping Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalongdalam pembelajaran menulis puisi bebas, melalui penggunaan media gambar dan mengungkapkan respons siswa dalam pembelajaran menulis puisi bebas melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini dirancang melalui pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode tindakan kelas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas pada siswa kelas VII MTsN Sei Pimping Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Hal ini dapat dibuktikan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis puisi bebas dari siklus I dan siklus II, siklus I pertemuan I rata-rata 79 denganketuntasan klasikal 50% meningkat pada pertemuan 2 menjadi  83 dengan ketuntasan klasikal 70%. Pada siklus II pertemuan I rata-rata 94 dengan ketuntasan klasikal 85% meningkat pada pertemuan 2 menjadi rata-rata 96 dengan ketuntasan klasikal 95%. Melalui penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas guru dengan kategori sangat baik, dan aktivitas siswa dengan kategori sangat aktif.Respon siswa kelas VII MTsN Sei Pimping Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong terhadap pembelajaran menulis puisi bebas melalui penggunaan media gambar. Hal ini dapat terlihat dari sebagian besar siswa menganggap media gambar dapat memudahkan mereka dalam menyimak, serta belajar mengemukakan pendapat melalui persentase dan juga hal yang terpenting yaitu pembelajaran menjadi menyenangkan

Published
2018-04-01
Abstract viewed = 373 times
PDF downloaded = 337 times