Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Konsep Memecahkan Permasalahan Dampak Teknologi Lewat Diskusi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Berpikir-Berpasangan-Berbagi Kelas VIII MTSN 2 Batang Alai Selatan
Abstract
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data digunakan tes tertulis pada akhir siklus, observasi kegiatan pembelajaran guru, observasi kegiatan siswa, dan angket respons siswa terhadap pembelajaran. Analisis data yang digunakan berdasarkan penghitungan distribusi frekuensi dengan pembahasan berdasarkan skala presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan kurikulum.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan, (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berpikir-berpasangan-berbagi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berdiskusi. Hal ini dibuktikan oleh rata-rata nilai individu pada siklus I pertemuan 1 yaitu 75,2, meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 78,66. Pada siklus II pertemuan 1 yaitu 80,33, sedangkan pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan yaitu 90 , (2) terdapat peningkatan aktivitas belajar guru dan siswa dalam menulis teks diskusi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berpikir-berpasangan-berbagi dilihat dari peningkatan aktivitas setiap pertemuan, (3) respons siswa kelas VIII C MTsN 2 Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah mengalami peningkatan secara positif terhadap pembelajaran teks diskusi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berpikir-berpasangan-berbagi