Psikoanalisis Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Allya Karya Ana Yuliana

  • Irni Cahyani STKIP PGRI Banjarmasin
  • Muhammad Riyadie STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Kata Kunci: psikoanalisis, kepribadian, tokoh utama, novel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tipe kepribadian menurut teori Gerard Heymans pada tokoh utama dalam novel Allya karya Ana Yuliana, (2) faktor- faktor yang mempengaruhi kepribadian tokoh utama dalam novel Allya karya Ana Yuliana.

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebuah novel yang berjudul Allya karya Ana Yuliana sebagai objek penelitian. Novel ini diterbitkan oleh Penerbit CV. RinMedia (LovRinz Publishing), cetakan pertama tahun 2019 dengan ketebalan buku sebanyak 355 halaman, serta buku-buku pustaka lainnya yang ada hubungannya dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, simak dan catat, yaitu data diperoleh dalam bentuk tulisan, yang harus dibaca, disimak, hal-hal yang penting dicatat, kemudian juga menyimpulkan dan mempelajari sumber tulisan yang dapat dijadikan sebagai landasan teori dan acuan dalam hubungan dengan objek yang akan diteliti. Menggunakan data-data yang telah diperoleh melalui novel Allya Karya Ana Yuliana. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pembacaan semiotika yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Pembacaan heuristik merupakan cara kerja yang dilakukan oleh pembaca dengan menginterpretasikan teks sastra secara referensial lewat tanda-tanda linguistik. Pembacaan heuristik juga dapat dilakukan secara struktural.

Hasil penelitian diuraikan sebagai berikut: (1) Tipe kepribadian menurut teori Gerard Heymans pada tokoh utama dalam novel Allya karya Ana Yuliana mendeskripsikan kepribadian tokoh dalam menjalani kehidupannya. Bentuk tipe kepribadian menurut teori Gerard Heymans adalah: a) Gapasioneerden (orang hebat) yaitu tipe manusia yang memiliki rasa kekeluargaan yang kuat dan suka menolong, b) Cholerici (orang garang) adalah tipe manusia yang rajin bekerja, periang dan pemberani,

  1. c) Sentimentil (orang perayu) adalah tipe manusia yang menyukai kehidupan alam dan menjauhkan diri dari kebisingan dan keramaian, Flegmatici (orang tenang) adalah tipe manusia yang tenang, sabar, tekun bekerja, tidak lekas putus dan, berbicara singkat tetapi Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian tokoh utama dalan novel Allya karya Ana Yuliana mendeskripsikan tokoh utama dalam menjalani kehidupannya. Faktor- faktor yang mempengaruhi kepribadian tokoh utama, yaitu: a) pengalaman awal yaitu faktor yang paling penting dalam perkembangan kepribadian, b) pengaruh budaya yaitu faktor tekanan untuk mengembangkan pola kepribadian yang sesuai standar yang ditentukan budayanya, c) kondisi fisik, berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap kepribadian seseorang, d) daya tarik, Orang yang dinilai oleh lingkungannya menarik, biasanya memiliki lebih banyak karakteristik kepribadian yang diinginkan dari pada orang yang dinilai kurang menarik, e) intelegensi yaitu perhatian lebih terhadap anak yang pandai dapat menjadikan ia sombong, dan anak yang kurang pandai merasa bodoh, emosi, dan nama.

 

Kata Kunci: psikoanalisis, kepribadian, tokoh utama, novel

Published
2022-08-30
How to Cite
Cahyani, I., & Muhammad Riyadie. (2022). Psikoanalisis Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Allya Karya Ana Yuliana. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan -- Edisi Khusus ISETA, 142-152. https://doi.org/10.33654/iseta.v1i0.1788
Abstract viewed = 578 times
PDF downloaded = 404 times