Penggunaan Jenis Kalimat Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Nurul Huda Banjarmasin
Abstract
Pemerolehan bahasa adalah proses yang berlangsung di dalam otak seorang anak ketika ia memperoleh bahasa pertamanya atau bahasa ibunya. Penggunaan jenis kalimat yang terdapat pada anak usia 3-4 tahun, yaitu kalimat interogatif, kalimat deklaratif, kalimat imperatif, kalimat interjektif, dan kalimat optatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan jenis kalimat anak usia 3-4 tahun di PAUD Nurul Huda Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PAUD Nurul Huda Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik rekaman, teknik wawancara, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia 3-4 tahun di PAUD Nurul Huda Banjarmasin lebih banyak menggunakan kalimat tanya, karena anak seusia ini selalu bertanya tentang apa yang dilihat di sekitarnya, memperoleh kalimat tanya/interogatif yang diucapkan sesuai dengan keadaannya, memperoleh kalimat tanya yang diucapkan anak berusia 3-4 tahun lebih banyak menggunakan kata tanya “siapa”, “dimana”, “bagaimana”, dan “apa”, memperoleh kalimat imperatif dengan kalimat perintahnya “ambilkan dan buatkan”, memperoleh kalimat interjektif dengan kata “wah dan wow”, dan memperoleh kalimat optatif dengan kata “mau”. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan agar para guru Pendidikan Anak Usia Dini dapat mengetahui proses pemerolehan kalimat anak, agar dapat lebih mengembangkan aspek kebahasaan pada anak