Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Martapura
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar matematika siswa pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII SMP Negeri 1 Martapura. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental research atau eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Martapura. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII D SMPN 1 Martapura yang berjumlah 60 siswa. Kelas VIII D dijadikan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VIII C dijadikan sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t atau independent sample t-test, menggunakan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai Sig. < 0,05, artinya Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel tersebut adalah berbeda secara signifikan, dimana rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 78,40 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 71,20. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa daripada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.