Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Hiyung 2
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Construct 2 pada materi bagaimana tubuh mengolah makanan mata pelajaran IPA agar layak digunakan sebagai bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi lima tahapan yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan media awal, uji coba, dan produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba perorangan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Construct 2 pada materi bagaimana tubuh mengolah makanan mata pelajaran IPA kelas V SDN Hiyung 2 dengan size 9,97 MB yang bisa dijalankan pada laptop/komputer dan android; (2) Media pembelajaran berbasis aplikasi Construct 2 yang dikembangkan sudah memenuhi kelayakan sebagai bahan ajar setelah dilakukan valiadasi dari ahli materi, ahli media, hasil uji coba perorangan dari siswa dan guru, serta uji coba lapangan dengan 4 penilaian memperoleh kategori “Sangat Baik” dan 1 penilaian memperoleh kategori “Baik”. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis aplikasi Construct 2 pada materi bagaimana tubuh mengolah makanan mata pelajaran IPA kelas V SDN Hiyung 2 yang telah dikembangkan dalam penelitian ini layak digunakan sebagai bahan ajar.