Eksperimentasi Pembelajaran Berbasis TIK Menggunakan Metode Discovery Learning Dengan Peer Assessment di Kelas VIII SMP Negeri 17 Banjarmasin

  • Asy’ari Asy’ari Pendidikan Teknologi Informasi STKIP PGRI Banjarmasin
  • M. Rizki Zulkarnain Pendidikan Teknologi Informasi STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Pembelajaran Berbasis TIK, Discovery Learning, Peer Assessment, Gaya Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis TIK menggunakan metode discovery learning disertai dengan peer assessment terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3×3. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 orang diambil dari siswa kelas VIII B, VIII C, dan VIII D SMPN 17 Banjarmasin. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan menggunakan metode uji lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh simpulan bahwa hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis TIK menggunakan metode discovery learning disertai dengan peer assessment lebih baik dari hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran berbasis TIK menggunakan metode discovery learning dan model pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis TIK menggunakan metode discovery learning lebih baik dari hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran konvensional.

Published
2019-12-30
How to Cite
Asy’ari, A., & Zulkarnain, M. R. (2019). Eksperimentasi Pembelajaran Berbasis TIK Menggunakan Metode Discovery Learning Dengan Peer Assessment di Kelas VIII SMP Negeri 17 Banjarmasin. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 16 - 26. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.883
Abstract viewed = 182 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 160 times

Most read articles by the same author(s)