Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan model pemebelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran administrasi sistem jaringan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa dan siswi kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin sebanyak 59 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner dan soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan uji hipotesis (uji t) diperoleh hasil uji hipotesis sebesar 0,00 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas XI TKJ B yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memperoleh nilai 78,39 sedangkan untuk nilai rata-rata kelas XI TKJ A yang menggunakan model konvensional hanya memperoleh nilai 68,87. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif dari hasil belajar dengan menggunakan model konvesional. Suatu model pembelajaran dikatakan efektif jika rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan suatu model pembelajaran lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model lainnya secara signifikan.