Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square dengan Metode Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN Kota Banjarbaru
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) dengan metode Question Student Have terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah tahap pengembangan model pembelajaran yang termasuk ke dalam penelitian pengembangan (research and development). Tahap berikutnya adalah uji efektivitas model yang termasuk ke dalam penelitian eksperimental semu dengan desain penelitian 3×3. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Kota Banjarbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 268 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Square dengan metode Question Student Have lebih baik dari hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran Think Pair Square (TPSq) dan model pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran TPSq lebih baik dari hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran konvensional.