MEDIA E-BOOK BERGAMBAR UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI MEMBACA SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

  • Putri Rahayu Sukma Hidira Universitas PGRI Madiun
  • Rafli Bagus Pradana Universitas PGRI Madiun
  • Cindy Fatika Amelia Universitas PGRI Madiun
  • Intan Febiola Kharisma Santi Universitas PGRI Madiun
  • Adhitya Kusuma Wijaya Universitas PGRI Madiun
  • Dian Permatasari Kusuma Dayu Universitas PGRI Madiun
Keywords: Literasi membaca, e-book bergambar, kurikulum merdeka belajar

Abstract

Bangsa yang mempunyai minat baca yang baik serta kecerdasan tinggi menunjukkan kemampuan bangsa tersebut dalam berkolaborasi, berpikir kritis, kreatif, komunikatif, sehingga dapat memenangkan persaingan global. Faktanya, minat membaca siswa sekolah dasar di era digital saat ini tergolong rendah. Siswa lebih memilih bermain gadget dibandingkan membaca buku. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan literasi membaca pada siswa. Pemanfaatan teknologi sebagai bahan pembelajaran merupakan salah satu langkah baru untuk minat membaca di Indonesia. Salah satunya dengan menggunakan media e-book bergambar. E-book bergambar adalah buku elektronik yang dapat diakses menggunakan gadget dan memiliki berbagai gambar yang menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan meningkatkan literasi membaca siswa melaui e-book bergambar pada kurikulum merdeka belajar saat ini.

Published
2023-01-16
How to Cite
Putri Rahayu Sukma Hidira, Rafli Bagus Pradana, Cindy Fatika Amelia, Intan Febiola Kharisma Santi, Adhitya Kusuma Wijaya, & Dian Permatasari Kusuma Dayu. (2023). MEDIA E-BOOK BERGAMBAR UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI MEMBACA SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR . Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 2, 310-316. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2077
Abstract viewed = 305 times
PDF downloaded = 636 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>