MEDIA E-BOOK BERGAMBAR UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI MEMBACA SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
Abstract
Bangsa yang mempunyai minat baca yang baik serta kecerdasan tinggi menunjukkan kemampuan bangsa tersebut dalam berkolaborasi, berpikir kritis, kreatif, komunikatif, sehingga dapat memenangkan persaingan global. Faktanya, minat membaca siswa sekolah dasar di era digital saat ini tergolong rendah. Siswa lebih memilih bermain gadget dibandingkan membaca buku. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan literasi membaca pada siswa. Pemanfaatan teknologi sebagai bahan pembelajaran merupakan salah satu langkah baru untuk minat membaca di Indonesia. Salah satunya dengan menggunakan media e-book bergambar. E-book bergambar adalah buku elektronik yang dapat diakses menggunakan gadget dan memiliki berbagai gambar yang menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan meningkatkan literasi membaca siswa melaui e-book bergambar pada kurikulum merdeka belajar saat ini.