IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam berpikir kritis melalui model pembelajaran blended learning. Pada penelitian ini desain yang digunakan yakni document studies yang merupakan bagian dari metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informasi yang digunakan adalah berbagai data siswa yang lebih spesifik dan mengarah langsung ke analisis pada siswa untuk mengetahui seberapa jauh tingkat berpikir kritis mereka. Dengan kemampuan berpikir kritis, diharapkan siswa dapat memecahkan dasar suatu masalah serta menghasilkan suatu solusi kreatif yang relevan. Hasil dari keterapilan berpikir kritis tersebut, siswa dapat menjadi pribadi yang lebih berkarakter. Model pembelajaran blended learning mendukung pembelajaran yang dikombinasikan secara efektif dengan cara penyampaian, cara mengajar, dan gaya pembelajaran yang berbeda. Selain itu, blended learning memberikan kesempatan bagi siswa secara mandiri untuk memegang kendali atas keberhasilan belajar. Hasil dari penulisan ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh keterampilan siswa dalam berpikir kritis pada proses pembelajaran yang dilakukan secara blended learning serta mengetahui kelebihan dan kekurangan dari siswa dalam mengikuti pembelajaran ini.