IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA

  • Amdhani Mulya Pratiwi Universitas PGRI Madiun
  • Calvin Asvino Putra Universitas PGRI Madiun
  • Krisna Ardyan Kusuma Wardana Universitas PGRI Madiun
  • Listia Fitriana Universitas PGRI Madiun
  • Muhammad Surya Akbar Muttaqien Universitas PGRI Madiun
  • Dian Permatasari Kusuma Dayu Universitas PGRI Madiun
Keywords: Blended Learning, berpikir kritis, kurikulum merdeka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam berpikir kritis melalui model pembelajaran blended learning. Pada penelitian ini desain yang digunakan yakni document studies yang merupakan bagian dari metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informasi yang digunakan adalah berbagai data siswa yang lebih spesifik dan mengarah langsung ke analisis pada siswa untuk mengetahui seberapa jauh tingkat berpikir kritis mereka. Dengan kemampuan berpikir kritis, diharapkan siswa dapat memecahkan dasar suatu masalah serta menghasilkan suatu solusi kreatif yang relevan. Hasil dari keterapilan berpikir kritis tersebut, siswa dapat menjadi pribadi yang lebih berkarakter. Model pembelajaran blended learning mendukung pembelajaran yang dikombinasikan secara efektif dengan cara penyampaian, cara mengajar, dan gaya pembelajaran yang berbeda. Selain itu, blended learning memberikan kesempatan bagi siswa secara mandiri untuk memegang kendali atas keberhasilan belajar. Hasil dari penulisan ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh keterampilan siswa dalam berpikir kritis pada proses pembelajaran yang dilakukan secara blended learning serta mengetahui kelebihan dan kekurangan dari siswa dalam mengikuti pembelajaran ini.

Published
2023-01-16
How to Cite
Amdhani Mulya Pratiwi, Calvin Asvino Putra, Krisna Ardyan Kusuma Wardana, Listia Fitriana, Muhammad Surya Akbar Muttaqien, & Dian Permatasari Kusuma Dayu. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA . Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 2, 148-156. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2058
Abstract viewed = 942 times
PDF downloaded = 557 times