Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP pada materi pola dan barisan bilangan
Analysis of mathematical communication skill of grade viii students in smp on patterns and row of number
Abstract
Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa SMP masih rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi pola dan barisan bilangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 9 siswa kelas VIIIB MTS Nurul Bilad, Rokan Hilir tahun pelajaran 2019/2020 berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan tinggi sudah baik, ditandai dengan terpenuhinya semua indikator yaitu: 1) menggunakan bahasa sendiri untuk menjelaskan solusi dari suatu gambar, 2) menjelaskan solusi dari permasalahan matematika dalam bentuk gambar, 3) menyatakan masalah sehari-hari ke dalam model matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan sedang masih dalam kategori cukup karena siswa hanya memenuhi indikator menggunakan bahasa sendiri untuk menjelaskan solusi dari suatu gambar, dan menyatakan masalah sehari-hari ke dalam model matematika. Sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan rendah masih dalam kategori kurang baik karena hanya mampu memenuhi indikator menggunakan bahasa sendiri untuk menjelaskan solusi dari suatu gambar.
Downloads
References
Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29
Arifin, Z., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember. Jurnal Edukasi, 3(2), 9. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3522
Astuti, A., & Leonard. (2012). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif, 2(2), 102–110.
Budianti, A., & Jubaedah, D. S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa di SMPN 10 Cimahi pada Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 20–28. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.48
Dewi, I. (2014). Profil Keakuratan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Ditinjau Dari Perbedaan Jender. Jurnal Didaktik Matematika, 01(02), 01–12. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i2.2055
Eka, K., Lestari, Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); 2nd ed., p. 83). PT Refika, Aditama, Bandung.
Hodiyonto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9–18. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1 .7397
Juliant, A., & Noviartati, K. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan, Vol. 2, No(2), 113.
Kaya, D., & Aydin, H. (2016). Elementary mathematics teachers’ perceptions and lived experiences on mathematical communication. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(6), 1619–1629. https://doi.org/10.12973/eurasia.2014.1203a
Kemdikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Menteri Pendidikan Nasional. https://doi.org/10.1093/eurheartj/eht160
Lomibao, L. S., Luna, C. A., & Namoco, R. A. (2016). The Influence of Mathematical Communication on Students’ Mathematics Performance and Anxiety. American Journal of Educational Research, 4(5), 378–382. https://doi.org/10.12691/education-4-5-3
Muslimahayati, M. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik bernuansa Etnomatematika (PMRE). Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 22–40. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3773
Noor, F., & Ranti, M. G. (2019). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 75–82. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.470
Purba, J., Maimunah., Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 13–21.
Sriwahyuni, T., Maya, R., & Amelia, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(April), 18–23.
Sundayana, R., Herman, T., Dahlan, J. A., & Prahmana, R. C. I. (2017). Using ASSURE learning design to develop students’ mathematical communication ability. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(3), 245–249.
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)