Analisis pemahaman matematis pada materi bentuk aljabar dari aspek self efficacy siswa
Analysis of mathematical understanding on algebraic form material from the aspect of student’s self efficacy
Abstract
Pemahaman matematika dalam pembelajaran perlu mendapat penekanan karena masih banyak siswa yang belum memahami materi matematika. Materi bentuk aljabar merupakan materi yang dianggap sulit bagi siswa khususnya tentang operasi bentuk aljabar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan kemampuan pemahaman matematis tentang materi bentuk aljabar dari aspek Self Efficacy siswa. Penelitian dilakukan di MTs Swasta Al-Munawwarah pada kelas VII-A yang terdiri dari 33 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes tertulis dan angket. Teknik analisis data menggunakan tiga langkah utama yakni penskoran, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi memiliki self efficacy yang tinggi, hal ini terlihat dari terpenuhinya ketiga indikator kemampuan pemahaman matematis. Siswa berkemampuan sedang memiliki self efficacy sedang, hanya mampu memenuhi indikator yang kedua yakni mengaitkan beberapa konsep/prinsip serta menyatakannya dalam simbol matematik. Siswa berkemampuan rendah memiliki self efficacy rendah terlihat dari siswa tidak dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan pemahaman matematis.
Downloads
References
Adni, D. N., Nurfauziah, P., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 957–964.
Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectual Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78
Anapit, D. C., & Asnawi. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematik Dan Self Efficacy Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Kendari. Seminar Nasional Riset Terapan, 116–120.
Arifin, P., Trisna, B. N., & Atsnan, M. F. (2017). Mengembangkan Self-Efficacy Matematika melalui Pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 27 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016-2017. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 93–104.
Destiniar, Jumroh, & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Di SMP Negeri 20 Palembang. JPPM, 12(1), 115–128.
Fitri, I. (2017). Self Efficacy Terhadap Matematika Melalui Pendekatan Aptitude Treatment Interaction. JRPM, 2(2), 167–175. http://jrpm.uinsby.ac.id
Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55–64.
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153–164. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa (Nurul Falah Atif (ed.)). Refika Aditama.
Juhrani, Suyitno, H., & Khumaedi. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa pada Model Pembelajaran Mea. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 251–258. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/20604
Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785.
Kemendikbud. (2014). Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Lestari, K. E., & Yudanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). Refika Aditama.
Minarni, A., Napitupulu, E. E., & Husein, R. (2016). Mathematical understanding and representation ability of public junior high school in North Sumatra. Journal on Mathematics Education, 7(1), 45–58. https://doi.org/10.22342/jme.7.1.2816.43-56
Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Nadia, L. N., & Waluyo, S. T. B. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik melalui Inductive Discovery Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 242–250.
Nita, A. A., Busnawir, & Fahinu. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Concept attainment Dan Problem based learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. Jurnal Amal Pendidikan, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.36709/japend.v1i1.11431
Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403
Nursaadah, I., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matwmatis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Numeracy, 5(1), 1–9.
Pebianto, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Ma. Journal On Education, 01(03), 48–51.
Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(2), 150. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.60
Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal ∑igma, 1(2), 64–68. https://doi.org/10.0324/SIGMA.V1I2.68
Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts N 2 Ciamis. Teorema, 1(2), 39. https://doi.org/10.25157/.v1i2.548
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)