Media smart diagram venn untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi himpunan

  • Tatik Retno Murniasih Universitas Kanjuruhan Malang
  • Rosita Dwi Ferdiani Universitas Kanjuruhan Malang
  • Trija Fayeldi Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Media, Smart, Diagram Venn, Himpunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menggunakan smart diagram Venn serta untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP Al-Inayah Purwosari terhadap materi himpunan dengan menggunakan media smart diagram Venn. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 4 kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian sebanyak 20 orang siswa SMP Al-Inayah Purwosari. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan media smart diagram Venn dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang materi himpunan. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran didapatkan hasil aktivitas pembelajaran rata-rata pada siklus I sebesar 79,5% atau kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 86% atau kategori sangat baik. Pada siklus I banyaknya siswa yang paham konsep 65% dan meningkat menjadi 80% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Maulana. 2010. Pembelajaran Matematika Sebagai Aktivitas yang Banyak Permainan dan Penuh Kesenangan. Jurnal Pendidikan Dasar. Nomor: 14.

Simanulang. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Materi Himpunan Konteks Laskar Pelangi Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 No.2 Juli 2013. 27.

Umirindiyah. 2014. Peningkatan Kemampuan Memahami Konsep Himpunan Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Media Bola Berlabel Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 5 Tuban. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume I Edisi 1 2014.

Abdurahman & Nufus. 2009. Penggunaan Media Manik-Manik Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Anak Tunagrahita. JASSI_Anakku Volume 8: Nomor 1 Tahun 2009.

Suhartini. 2013. Penggunaan Media Benda Manipulatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Operasi Hitung Bilangan. Jurnal PEDAGOGIK Vol. I, No. 2, September 2013.

Sukirman, dkk. 2009. Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Murniasih, TR. 2016. Penggunaan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Teorema Pythagoras. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dengan tema ”Pengembangan 4C’s dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tantangan dalam Pengembangan Kurikulum Matematika" pada tanggal 28 Mei 2016 yang diselenggarakan oleh Prodi S2-S3 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. online: https://goo.gl/0QuHYz diakses tanggal 16 Agustus 2016.
Published
2016-08-30
How to Cite
Murniasih, T. R., Ferdiani, R. D., & Fayeldi, T. (2016). Media smart diagram venn untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi himpunan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 70-76. https://doi.org/10.33654/math.v2i2.30
Section
Research
Abstract viewed = 1889 times
PDF downloaded = 2265 times