Media smart diagram venn untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi himpunan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menggunakan smart diagram Venn serta untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP Al-Inayah Purwosari terhadap materi himpunan dengan menggunakan media smart diagram Venn. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 4 kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian sebanyak 20 orang siswa SMP Al-Inayah Purwosari. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan media smart diagram Venn dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang materi himpunan. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran didapatkan hasil aktivitas pembelajaran rata-rata pada siklus I sebesar 79,5% atau kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 86% atau kategori sangat baik. Pada siklus I banyaknya siswa yang paham konsep 65% dan meningkat menjadi 80% pada siklus II.
Downloads
References
Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Maulana. 2010. Pembelajaran Matematika Sebagai Aktivitas yang Banyak Permainan dan Penuh Kesenangan. Jurnal Pendidikan Dasar. Nomor: 14.
Simanulang. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Materi Himpunan Konteks Laskar Pelangi Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 No.2 Juli 2013. 27.
Umirindiyah. 2014. Peningkatan Kemampuan Memahami Konsep Himpunan Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Media Bola Berlabel Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 5 Tuban. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume I Edisi 1 2014.
Abdurahman & Nufus. 2009. Penggunaan Media Manik-Manik Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Anak Tunagrahita. JASSI_Anakku Volume 8: Nomor 1 Tahun 2009.
Suhartini. 2013. Penggunaan Media Benda Manipulatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Operasi Hitung Bilangan. Jurnal PEDAGOGIK Vol. I, No. 2, September 2013.
Sukirman, dkk. 2009. Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka
Murniasih, TR. 2016. Penggunaan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Teorema Pythagoras. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dengan tema ”Pengembangan 4C’s dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tantangan dalam Pengembangan Kurikulum Matematika" pada tanggal 28 Mei 2016 yang diselenggarakan oleh Prodi S2-S3 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. online: https://goo.gl/0QuHYz diakses tanggal 16 Agustus 2016.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)