Penerapan pendekatan model eliciting activities (MEAS) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika SMP

  • Rosita Dwi Ferdiani Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep pada materi SPLDV SMP. Konsep merupakan suatu obyek penting dalam matematika. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Islam PGRI Sumber Pitu, Kec. Tutur,  Pasuruan kelas VIII A, didapat kesimpulan bahwa terdapat 11 anak dari 28 anak yang belum memahami konsep tentang persamaan linier dua variabel. Penggunaan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) dalam pembelajaran merupakan solusi untuk membantu peserta didik  dalam memahami konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif yang dilakukan untuk memahamkan konsep peserta didik SMP Islam PGRI Sumber Pitu, Kec. Tutur. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman siswa dari tindakan I ke tindakan II. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan pemahaman siswa dari tes tindakan 1 ke tes tindakan 2. Berdasarkan hasil tes yang dilaksanakan pada tindakan 1 yang berjumlah 18 dari 28 peserta didik mencapai kategori cukup paham dengan rata- rata perolehan skor yaitu 6. Berdasarkan hasil tes yang dilaksanakan pada tindakan II yang berjumlah 24 dari 28 peserta didik mencapai kategori paham dengan rata – rata skor 8.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta.

Depdiknas.(2007). Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas

Gagne, R.M. (1983). Some Issues in the Psychology of Mathematics Instruction. Journal for Research in Mathematics Education. 14 (1)

Hiebert, J. & Carpenter P. T. (1992). Learning and Teaching with Understanding. Dalam D. A. Grouws (Ed.) Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. (h. 65 – 100).New York: Macmillan Publishing Company.

Istianah Euis .2013. Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa SMA.STKIP Siliwangi Journal Volume 2 No 1.

Keumalasari Rahmi, Salasi R, Suryawati. 2016. Penerapan Eliciting Activities (MEAs) pada materipeluang di kelas X SMA Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah mahasiswa Pendidikan Matematika. Volume 1 nomor 1 halaman 59 -71

Lesh, R. and Caylor, B. (2007). Introduction to the Special Issue: Modeling as Application versus Modeling as a Way to Create Mathematics. International Journal of Computers for Mathematical Learning 12,173-194.

O’Connel, Susan. (2007). Introduction to Connection. USA : Heineman

Permana, Yanto (2010) Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Elicting Activities. Disertasi Pada Pasca Sarjana UPI, tidak dipublikasikan.

Wanhar, 2008. Hubungan antara pemahaman konsep matematika dengan kemampuan penyelesaian soal-soal fisika. Makasar: Baruga, Vol. 1 No.3/Maret 2008.
Published
2017-12-31
How to Cite
Ferdiani, R. D. (2017). Penerapan pendekatan model eliciting activities (MEAS) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 216-223. https://doi.org/10.33654/math.v3i3.129
Section
Penelitian
Abstract viewed = 218 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 222 times