Pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review pada kelas VIII SMP Negeri 2 Na. IX-X

Class management to improve students' mathematics learning achievement using active learning strategies type Hollywood Squares Review in class VIII SMP Negeri 2 Na. IX-X

  • Ariska Septieny Fauzy Universitas Labuhanbatu
  • Sakinah Ubudiyah Siregar Universitas Labuhanbatu
  • Eva Julyanti Universitas Labuhanbatu
Keywords: pengelolaan kelas, pembelajaran matematika, Hollywood Squares Review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review di kelas VIII SMP Negeri 2 Na. IX-X. Desain eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest digunakan pada penelitian ini. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimental dan siswa kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol, yang diambil secara random setelah dilaksanakan uji homogenitas dan normalitas. Dalam proses pembelajaran, kelas kontrol maupun kelas eksperimen mengaplikasikan pendekatan saintifik berdasarkan kurikulum 2013, strategi pembelajaran Hollywood Squares Review diterapkan pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Nilai signifikansi 0.000 < 0.05 ditemukan dalam hasil tes analisis data, yang menunjukkan bahwa menggunakan teknik pembelajaran Hollywood Squares Review dapat meningkatkan prestasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ariska Septieny Fauzy, Universitas Labuhanbatu

Jl. Sisingamangaraja No. 126 A KM 3.5, Aek Tapa, Bakaran Batu, Sumatera Utara

Sakinah Ubudiyah Siregar, Universitas Labuhanbatu

Jl. Sisingamangaraja No. 126 A KM 3.5, Aek Tapa, Bakaran Batu, Sumatera Utara

Eva Julyanti, Universitas Labuhanbatu

Jl. Sisingamangaraja No. 126 A KM 3.5, Aek Tapa, Bakaran Batu, Sumatera Utara

References

Agus, A. H. R. (2015). Strategi Pengelolaan Kelas dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 3(1), 1–12.

Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 11–20.

Arifin, P., Trisna, B. N., & Atsnan, Muh. F. (2017). Mengembangkan Self-Efficiancy Matematika Melalui Pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 27 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016-2017. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 93–104.

Dirgahayuning, A. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Square Review untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Asam dan Basa di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Pekanbaru. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 5(2), 188–198.

Fadila, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Open Ended Menggunakan Strategi Hollywood Square Review Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Persistensi Diri Siswa [Undergraduate Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.

Faoziyah, A., & Rohyati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentasy) Terhadap Kecerdasan Logis Matematis dan Self Efficacy pada Materi Induksi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 331–343.

Fidrayani, F., & Hadiati, E. (2020). The Analysis of Self-Efficacy and Classroom Management as Contributors to Teacher Personality of Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 132–147. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.6147

Husna, A. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Kelas VII SMP Negeri Lembah Gumanti Kabupaten Solok dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Squares Review. PYTHAGORAS, 5(2), 106–112.

Mawaddah, S. (2020). Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IV di MI El-Syifa Ciganjur [Undergraduate Thesis]. UIN Syarif Hidayatullah.

Ningsih, E. M. W., Sutriningsih, N., & Istiani, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Reciporal Teaching dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 215–218.

Rifanah, R., & Widodo, J. (2014). Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri Se-Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. EEAJ (Economic Education Analysis Journal, 3(2), 211–216. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Saihu, S. (2020). Etika Menuntut Ilmu Menurut Kitab Ta’lim Muta’alim. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 99–112. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.20

Samrin, S., & Syahrul, S. (2021). Pengelolaan Pengajaran. Penerbit Deepublish.

Silberman, M. L. (2014). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Nuansa Cendekia.

Simarmata, N. I. P., Yurfiah, Y., Tanjung, R., Arini, D. A., Wahyuni, S., Mahatmaharti, Rr. A. K., Labuem, S., Harmawati, D., Syamil, A., Pratiwi, I. I., Irdiyansyah, I., & Reski, A. (2023). Psikologi Pendidikan. Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Warsono, S. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Manajer Pendidikan, 10(5), 469–476.

Wati, O., Fitri, D. Y., & Handayani, S. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Squares Review Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Batang Anai [Undergaduate Thesis]. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Widiasworo, E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. DIVA Press.

Zaturrahmi, Z. (2019). Lingkungan Belajar Sebagai Pengelolaan Kelas: Sebuah Kajian Literatur. E-Tech, 7(4), 1–7. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Published
2024-03-27
How to Cite
Fauzy, A. S., Siregar, S. U., & Julyanti, E. (2024). Pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review pada kelas VIII SMP Negeri 2 Na. IX-X. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 71-82. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2675
Abstract viewed = 38 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 24 times