Pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap keterampilan berpikir kritis matematis siswa pada materi bilangan
Impact of Problem-Based Learning Models Faced with Critical Mathematical Thingking in Schools in the Eyes of Learning Numbers
Abstract
Tujuan dari studi ini adalah untuk menentukan apakah pendekatan pembelajaran berbasis masalah memiliki dampak pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pangkatan sehubungan dengan bentuk angka. Di SMPN 1 Pangkatan, yang berlokasi di Jl. Kampung Padang Desa Pendidikan, penelitian ini dilakukan. Studi ini menggunakan teknik sampel acak dasar untuk mengumpulkan data, dan ditemukan bahwa kelas VII-2 diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, sementara kelas VII-3, yang terdiri dari 26 siswa, diajarkan dengan menggunakan model belajar langsung. Pemeriksaan berbasis esai dari kemampuan berpikir kritis siswa ini menggunakan desain kelompok kontrol pretest dan posttest. Selain itu, normalitas, homogenitas, hipotesis dan analisis data deskriptif digunakan dalam teknik analisis data. Nilai rata-rata kelas eksperimen setelah tes adalah 86,27, sedangkan nilai tengah kelas kontrol adalah 76,15. Ini menunjukkan bahwa skor rata-rata untuk kedua kelas berbeda dengan 10,12. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa siswa di kelas eksperimen memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dari pada siswa di kelas kontrol.
Downloads
References
Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 6(1), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/index
Ginting, M. C., & Silitonga, I. M. (2019). Pengaruh Pendanaan dari Luar Perusahaan dan Modal Sendiri terhadap Tingkat Profitabilitas pada Perusahaan Property and Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, 5(2), 195–204. http://ejournal.lmiimedan.net
Juliyantika, T., & Batubara, H. H. (2022). Tren Penelitian Keterampilan Berpikir Kritis pada Jurnal Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(3), 4731–4744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2869
Khasanah, A. N., & Rusijono, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Pola Bilangan pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Taman Pelajar Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2), 1–10.
Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.31949/jee.v6i1
Marhamah, I., Yahdi, Y., & Hajaroh, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. SPIN, 2(1), 68–82.
Nikmawati, N. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Project di SMK Dr. Wahidin Sawahan Nganjuk [Magister Thesis]. IAIN Kediri.
Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019, 306–319.
Nurlaeli, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Tsaqofah: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(1), 23–30. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Pramudita, N. M., & Manoy, J. T. (2016). Penerapan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bilangan Bulat. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 53–58.
Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078
Radeswandri, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bilangan Bulat. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 2(2), 101–110.
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94.
Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Memecahkan Masalah. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, 160, 160–175.
Suleman, M., Ismail, Y., Machmud, T., & Majid, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model PBL dengan Berbantuan Multimedia Interaktif pada Materi Luas dan Volume Kubus dan Balok. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 4960–5974.
Sundari, H. (2015). Model-model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/ Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106–117.
Suryani, I., Harjono, A., & Khair, B. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Miniatur Rumah Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Rangkaian Listrik di SDN 2 Sape. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 126–135. https://jurnal.educ3.org/index.php
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal Mosharafa, 7(1), 51–62. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)