Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pengelolaan kelas dengan media pembelajaran matematika berbantuan autograph
Strengthening the ability of students to solve mathematical problems through classroom conduct wit autograph aided mathematics learning media
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses belajar dikelas sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilakukan terhadap 25 siswa di kelas VIII MTs Syahru Thoyibbah Annafisah. Data yang diperoleh melalui proses observasi dan pemberian tes pemecahan masalah. Selanjutnya, data tersebut dianalisis melalui tiga tahap, yaitu: 1) reduksi data, 2) pemaparan data dan 3) menarik kesimpulan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Selanjutnya, hasil penelitian ini memperlihatkan terjadinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa baik pada indikator pemahaman masalah, perencanaan masalah, melaksanakan rencana dan menyimpulkan.
Downloads
References
Andina, A., & Yulia, P. (2023). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas di MtsS Modern Arafah. JuMlahku (Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan), 9(2), 106–116.
Damung, G. E., Arifuddin, W., & Al Banna, M. Z. (2019). Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Jaya Negara Makassar. Seminar Nasional Sains, Teknologi, Dan Sosial Humaniora UIT 2019, 45–59.
Elfina, H. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Autograph untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Medan. MAJU, 7(2), 221–227.
Fredlina, K. Q., Putri, G. A. M. A., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2021). Penggunaan Teknologi sebagai Media Pembelajaran Matematika di Era New Normal. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 79–84.
Harahap, F. S. W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Autograph Menggunakan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan IPA, 5(1), 21–27. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp
Hasibuan, N. H. (2016). Pemanfaatan Autograph sebagai Media Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Cahaya Pendidikan, 2(1), 34–46.
Heriyanto, A. P. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–9. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jip
Indofah, A. V., & Hasanudin, C. (2023). Anggapan Siswa Tentang Pelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. Prosiding Seminar Nasional Daring Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi) IKIP PGRI Bojonegoro, 1110–1113.
Irfianti, R., & Maarif, S. (2019). Penerapan Media Software Autograph dalam Pembelajaran Matematika. EduMath, 7(2), 19–28.
Khairat, M. (2023). Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 060811 Medan [Undergraduated Thesis]. UIN Sumatera Utara.
Muhammad, M., & Kusno, K. (2015). Analisis Diagnostik Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Model Linier. Khazanah Pendidikan, 9(1), 59–65.
Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73.
Nurani, U., Sulistiani, I. R., & Dewi, M. sari. (2020). Pengelolaan Kelas Guru dalam Pembelajaran Matematika. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 143–147.
Nurdewi, N. (2022). Implementasi Personal Branding Smart ASN Perwujudan Bangga Melayani di Provinsi Maluku Utara. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 297–303.
Nurhayati, E., Mulyana, T., & Martadiputra, B. A. P. (2016). Penerapan Scaffolding untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 107–112.
Ramadhani, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. JPPM, 10(2), 72–81.
Salasiyah, C. I., & Zaki, M. (2018). Analisis Kemampuan Guru dalam Menggunakan Alat Peraga Matematika di SMP Negeri 5 Langsa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 202–209. http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math
Sibuea, M. F. L. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Software Autograph Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018, 511–516.
Siregar, B. H., & Manurung, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Perangkat Lunak Autograph untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Polya’s Four-Step Problem Solving. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 7(3), 296–304. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i3.9252
Siregar, S. U. (2024). Manajemen Pendidikan (K. Erka, Ed.). CV. Namakomu.
Ulmi, F. (2018). Tahap Validasi Lembar Essay Assessment Berbasis Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Natural Science Journal, 4(1), 561–571.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)