PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL TARI KUDA GIPANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Abstract
Media pembelajaran sebagai alat bantu berupa fisik maupun non fisik sengaja digunakan sebagai perantara antara dosen dan mahasiswa dalam memahami materi pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Video tutorial adalah tampilan dari suatu langkah-langkah yang menerangkan informasi melalui audio dan visual. Tari Kuda Gipang merupakan sebuah tarian tradisional Kalimantan Selatan yang menceritakan tentang kegagahan pasukan berkuda. Gerakannya menggambarkan kekuatan dan keperkasaan para prajurit dalam mengendalikan kuda. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan video tutorial Tari Kuda Gipang sebagai media belajar. Metode pengembangan atau Research and Development digunakan untuk membuat video tutorial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video tutorial Tari Kuda Gipang sebagai media belajar dinyatakan Sangat Layak. Perolehan dari ahli materi 46.0 termasuk dalam kategori Sangat Layak dan perolehan nilai dari ahli media 46.0 termasuk dalam kategori Sangat Layak dengan rerata 51.5. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan media termasuk dalam kategori Sangat Layak. Penilaian uji coba terbatas diperoleh presentase 100% dengan kategori Sangat Layak. Berdasarkan keseluruhan hasil presentase penilaian kelayakan Pengembangan Video Tutorial Tari Kuda Gipang termasuk dalam kategori Sangat Layak, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif pada mata kuliah Praktik Tari Kalimantan Selatan (Klasik Banjar) di semester II.
Kata Kunci: media pembelajaran, video tutorial,tari kuda gipang