PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL TARI KUDA GIPANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

  • Sri Herowati STKIP PGRI BANJARMASIN
  • Andi Wijaya STKIP PGRI BANJARMASIN
  • Rahmani STKIP PGRI BANJARMASIN
  • Gita Kinanthi Purnama Asri Adinda STKIP PGRI BANJARMASIN
Keywords: Pengembangan, Video Tutorial, Tari Kuda Gipang, Kalimantan Selatan, Media Pembelajaran

Abstract

 Media pembelajaran sebagai alat bantu berupa fisik maupun non fisik sengaja digunakan sebagai perantara antara dosen dan mahasiswa dalam memahami materi pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Video tutorial adalah tampilan dari suatu langkah-langkah yang menerangkan informasi melalui audio dan visual. Tari Kuda Gipang merupakan sebuah tarian tradisional Kalimantan Selatan yang menceritakan tentang kegagahan pasukan berkuda. Gerakannya menggambarkan kekuatan dan keperkasaan para prajurit dalam mengendalikan kuda. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan video tutorial Tari Kuda Gipang sebagai media belajar. Metode pengembangan atau Research and Development digunakan untuk membuat video tutorial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video tutorial Tari Kuda Gipang sebagai media belajar dinyatakan Sangat Layak. Perolehan dari ahli materi 46.0 termasuk dalam kategori Sangat Layak dan perolehan nilai dari ahli media 46.0 termasuk dalam kategori Sangat Layak dengan rerata 51.5. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan media termasuk dalam kategori Sangat Layak. Penilaian uji coba terbatas diperoleh presentase 100% dengan kategori Sangat Layak. Berdasarkan keseluruhan hasil presentase penilaian kelayakan Pengembangan Video Tutorial Tari Kuda Gipang termasuk dalam kategori Sangat Layak, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif pada mata kuliah Praktik Tari Kalimantan Selatan (Klasik Banjar) di semester II.

Kata Kunci: media pembelajaran, video tutorial,tari kuda gipang

Published
2023-10-31
How to Cite
Herowati, S., Andi Wijaya, Rahmani, & Purnama Asri Adinda, G. K. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL TARI KUDA GIPANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. TANDIK: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 3(2), 141-153. https://doi.org/10.33654/tdk.v3i2.2434
Abstract viewed = 55 times
PDF downloaded = 50 times