PENGGUNAAN MEDIA TAKALINTAR DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG PERKALIAN BERSUSUN BAGI SISWA KELAS IV SDN PAKIS V SURABAYA
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Pakis V Surabaya pada materi operasi hitung perkalian bersusun. Penggunaan media memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar. Media yang dapat digunakan yaitu Takkalintar (Tabel Perkalian Pintar). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisa data menggunakan teknik analisa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media takalintar digital dalam pembelajaran matematika pada operasi hitung perkalian bersusun dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa siklus I rata-rata nilai 73,07 dan siklus II rata-rata nilai 85,76. Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal sudah melampaui target indikator keberhasilan yaitu 75%.
Copyright (c) 2024 Zenda Kariliana Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.