IDENTIFIKASI LITERASI MEMBACA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan dasar membaca dan menulis siswa kelas V SDN 3 Keltasura. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data didasarkan pada Mills dan Huberman dan diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini aPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan dasar membaca dan menulis siswa kelas V SDN 3 Keltasura. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data didasarkan pada Mills dan Huberman dan diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Keltasura. Pada saat dilakukan tes untuk mengetahui kemampuan dasar membaca dan menulis siswa kelas V SDN 3 Keltasura, kadarnya sangat bervariasi. Siswa mempunyai peluang 65% membaca dengan cepat dan baik, 55% peluang membaca baik namun kurang memahami isi, dan 20% peluang siswa masih gagap ketika membaca. Selain itu, beberapa siswa masih 20% salah mengucapkan huruf.
Copyright (c) 2024 Indah Sholatul Khomsah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.