ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT DALAM BERKOMUNIKASI SISWA DI SEKOLAH DASAR (SD)
Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi faktor yang menjadi hambatan atau sulit dalam kemampuan berkomunikasi siswa kelas IV di SD Negeri 2 Mundu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dari penelitian ini yaitu dari Guru kelas IV dan juga siswa kelas IV SD Negeri 2 Mundu, Kabupaten Indramayu. Hasil penelitiannya berupa beberapa macam faktor-faktor yang menjadi penyebab penghambat kemampuan berkomunikasi kelas IV di SD, faktor tersebut terdiri dari 2 macam, yaitu dari faktor eksternal dan internal. Faktor internal terdiri dari kondisi siswa baik itu dari fisiknya maupum segi mental, siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung itu kurang percaya diri, selalu merasa takut salah jika pendapat yang ia miliki, takut akan dikomen buruk oleh teman sebaya dan gurunya. kemudian faktor eksternalnya terdiri dari pola asuh dari kedua orang tua siswa dalam mendidik anak baik itu dari latar belakangnya ataupun sosial ekonominya serta juga dari metode guru dalam mengajar siswa nya kurang tepat.
Copyright (c) 2024 Dhenok Agustin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.