KOMPONEN PEMBELAJARAN TARI RADAP RAHAYU DALAM EKSTRAKURIKULER TARI DI SD ISLAM SABILAL MUHTADIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan komponen pembelajaran tari Radap Rahayu, faktor pendukung dan penghambat pembelajarannya di ekstrakurikuler tari SD Islam Sabilal Muhtadin. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan prosedur pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data, dengan cara reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komponen pembelajaran tari Radap Rahayu dalam ekstrakurikuler merupakan segala upaya antara guru dan siswa yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Jika dipisahkan, maka pembelajaran akan beresiko tidak efektif. Guru melatih ragam gerak secara bertahap sesuai struktur tari Radap Rahayu dengan metode demonstrasi serta imitasi. Didukung kelengkapan media pembelajaran sejak awal dan diakhir semester dilakukan evaluasi berkelompok. Faktor pendukung internal; kompetensi guru dan tingginya minat bakat siswa untuk belajar. Faktor pendukung eksternal: kelengkapan sarana prasarana, dukungan sekolah dan keluarga siswa. Sedangkan faktor penghambat yaitu waktu latihan yang terbatas. Kegiatan ini menjadi bagian yang integral dengan sekolah dan membawa banyak dampak positif.
Kata kunci: pembelajaran, tari, radap rahayu, ekstrakurikuler
Copyright (c) 2023 Gita Kinanthi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.