DAMPAK LEARNING LOSS TERHADAP PSIKOSOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

  • Rany Setiawati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Siti Masyithoh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: : learning loss, psikososial, sekolah dasar.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu pandemi bernama Covid-19 yang mengakibatkan terjadinya perubahan dalam segala aspek kehidupan. Salah satu aspek yang paling terpengaruh adalah aspek pendidikan. Dalam aspek pendidikan, dampak nyata yang timbul adalah terjadinya perubahan pola kegiatan belajar mengajar dari yang tadinya melalui tatap muka menjadi pembelajaran secara jarak jauh atau daring. Pada nyatanya, pembelajaran jarak jauh ini malah menimbulkan masalah-masalah baru dalam pelaksanaanya. Salah satu masalah yang timbul dan dijadikan fokus utama dalam penelitian ini adalah masalah learning loss. Artikel ini akan mengulas lebih jauh mengenai masalah learning loss dan dampaknya terhadap psikososial siswa, khususnya siswa sekolah dasar. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kajian literatur, dan dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa dampak learning loss terhadap psikososial siswa adalah siswa mudah mengalami gangguan psikologis dan depresi, hilangnya semangat belajar, hilangnya etos kerja peserta didik, hilangnya kontrol diri dan semangat dalam melakukan aktifitas dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengetahui dampak yang ada, diharapkan guru dan lembaga pendidikan dapat melakukan upaya-upaya penanggulangan guna memastikan kegiatan pendidikan yaitu kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan seperti seharusnya.

Published
2023-01-21
How to Cite
Rany Setiawati, & Siti Masyithoh. (2023). DAMPAK LEARNING LOSS TERHADAP PSIKOSOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3). Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2331
Abstract viewed = 150 times
PDF downloaded = 437 times