ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 04 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan
peserta didik kelas IB di SD Negeri 04 Palembang. Metodologi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan deskiptif kualitatif dengan menggunakan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan
keabsahan data menggunakan triangulasi. Data akan dianalisis melalui langkah-langkah
pengumpulan data. Dari hasil penelitian di dapat bahwa kemampuan membaca
permulaan peserta didik kelas IB adalah tidak membedakan beberapa huruf, gagap
dalam mengeja, mengubah kata, dan tidak memahami isi bacaan. Faktor eksternal yang
menghambat kemampuan membaca permulaan ini ialah orang tua yang kurang
membimbing peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan.
Selain itu, terdapat faktor penghambat lainnya seperti faktor intelektual atau kecerdasan
dan rendahnya minat baca peserta didik.