ANALISA PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SDN 2 KADIPIRO

  • Troy Ahmad Rayhan Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: AudioVisual,Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dikhususkan untuk meneliti penggunaan media Audio-Visual pada kegiatan pembelajaran di kelas III terutama pada mata pelajaran bahasa Indonesia, karena berdasarkan pernyataan guru kelas bahwa penggunaan media Audio-Visual sebagai media pembelajaran akan sangat efektif digunakan pada materi pembelajaran kalimat ungkapan, ajakan, perintah, dan penolakan di kelas III SDN 2 Kadipiro. Media Audio-Visual pernah digunakan sebagai media pembelajaran di kelas III akan tetapi belum pernah dilakukan evaluasi secara mendalam terhadap media pembelajaran tersebut. Metode yang penulis gunakan saat observasi ini ialah metode kuantitatif, artinya penelitian ini menitikberatkan pada analisis data numerik yang disajikan dengan menggunakan metode statistik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah Teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu atau purposive sampling. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Audio Visual terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Kadipiro 2 Yogyakarta.

Published
2023-07-31
How to Cite
Troy Ahmad Rayhan. (2023). ANALISA PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SDN 2 KADIPIRO. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1). https://doi.org/10.33654/pgsd.v5i1.2320
Abstract viewed = 55 times
PDF downloaded = 146 times