Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD)

Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD)

  • Safira Maulia Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Pendidikan adalah salah satu faktor kunci dalam membangun fondasi yang kuat bagi perkembangan individu dan masyarakat. Di tingkat dasar, sekolah dasar (SD) memainkan peran penting dalam membentuk dasar pengetahuan dan keterampilan siswa. Artikel jurnal ini bertujuan untuk mengkaji peran komunikasi efektif guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan adalah literature review, dengan mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mensintesis literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi efektif antara guru dan siswa memiliki dampak yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Kemampuan mendengarkan dengan empati dan strategi pengajaran yang efektif adalah faktor penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya komunikasi efektif guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, serta memberikan pedoman praktis bagi guru untuk mengoptimalkan komunikasi mereka. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pendidik, guru, dan praktisi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat sekolah dasar.

Published
2023-07-31
How to Cite
Maulia, S. (2023). Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD). Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1). https://doi.org/10.33654/pgsd.v5i1.2310
Abstract viewed = 910 times
PDF downloaded = 1604 times