MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MIND MAPPING, THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI KARANG MEKAR 5 BANJARMASIN

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MIND MAPPING, THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI KARANG MEKAR 5 BANJARMASIN

  • Hanida Ulfah SDN pekauman 3

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Setting penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VA SDN KARANG MEKAR 5 BANJARMASIN yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 16 orang laki-laki dan 11 orang perempuan tahun ajaran 2017/2018. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru telah mencapai skor 34 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran mencapai persentase klasikal 93% dengan kategori sangat aktif, dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 96%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dapat memperbaiki aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi model Mind Mapping, Think Pair and Share dan Word Square pada materi Daur Air dan Peristiwa Alam di kelas VA SDN KARANG MEKAR 5 BANJARMASIN.

Published
2021-12-22
How to Cite
Ulfah, H. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MIND MAPPING, THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI KARANG MEKAR 5 BANJARMASIN. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i2.1472
Abstract viewed = 132 times
PDF downloaded = 230 times