MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS), SIMULASI, DAN WORD SQUARE PADA KELAS VB SDN PEMURUS LUAR 1 BANJARMASIN
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS), SIMULASI, DAN WORD SQUARE PADA KELAS VB SDN PEMURUS LUAR 1 BANJARMASIN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru serta aktivitas siswa dalam pembelajaran dan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Think Pair and Share (TPS), Simulasi, dan Word Square. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Pemurus Luar 1 Banjarmasin tahun ajaran 2017/2018. Instrumen data yang digunakan yaitu berupa pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa dan butir-butir soal untuk hasil evaluasi belajar siswa. Cara pengumpulan data menggunakan distribusi, frekuensi, persentase, dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran Think Pair and Share (TPS), Simulasi, dan Word Square mampu memperbaiki kualitas pembelajaran yang dilakukan guru, serta meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.
Copyright (c) 2021 ANISA ALMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.