MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS), SIMULASI, DAN WORD SQUARE PADA KELAS VB SDN PEMURUS LUAR 1 BANJARMASIN

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS), SIMULASI, DAN WORD SQUARE PADA KELAS VB SDN PEMURUS LUAR 1 BANJARMASIN

  • ANISA ALMINA SDN PEMURUS DALAM 8

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru serta aktivitas siswa dalam pembelajaran dan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Think Pair and Share (TPS), Simulasi, dan Word Square. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Pemurus Luar 1 Banjarmasin tahun ajaran 2017/2018. Instrumen data yang digunakan yaitu berupa pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa dan butir-butir soal untuk hasil evaluasi belajar siswa. Cara pengumpulan data menggunakan distribusi, frekuensi, persentase, dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran Think Pair and Share (TPS), Simulasi, dan Word Square mampu memperbaiki kualitas pembelajaran yang dilakukan guru, serta meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.

Published
2021-12-19
How to Cite
ANISA ALMINA. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS), SIMULASI, DAN WORD SQUARE PADA KELAS VB SDN PEMURUS LUAR 1 BANJARMASIN . Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i2.1471
Abstract viewed = 110 times
PDF downloaded = 149 times