Pengembangan modul berbasis riset pada mata kuliah kalkulus untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan modul berbasis riset pada mata kuliah kalkulus, 2) Mengetahui efektivitas modul berbasis riset pada mata kuliah kalkulus, dan 3) Mengetahui peningkatan kreativitas mahasiswa setelah menggunakan modul berbasis riset pada mata kuliah kalkulus. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika yang memprogram mata kuliah Kalkulus Diferensial pada tahun 2018. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data dan reduksi data. Penelitian pengembangan modul berbasis riset pada mata kuliah kalkulus ini dikembangkan melalui tahap: a) Analisis Pendahuluan, b) menyusun modul berbasis riset, c) Validasi pada ahli media dan materi, d) Revisi modul berbasis riset, e) Penerapan modul berbasis riset, f) Pengumpulan data dan g) Analisis Data. Modul ini termasuk dalam kategori efektif berdasarkan penilaian dari validator dan angket mahasiswa. Setelah menggunakan modul ini terdapat peningkatan kreativitas mahasiswa terutama pada tahap originality. Pengembangan modul ini dikatakan efektif karena hasil skor validasi ahli dan penyebaran angket mahasiswa diperoleh skor 3,67 dalam kategori baik. Untuk peningkatan kreativitas mahasiswa setelah menggunakan modul berbasis riset dapat dilihat dari Hasil skor mahasiswa. Skor sebelum menggunakan modul adalah 73,47 dan skor sesudah menggunakan modul adalah 82,36
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Griffith Institute for Higher Education, 2008, Research-based learning: strategies for successfully linking teaching and research. University of Griffith.
Harsono, 2005, Pengantar Problem-Based Learning. Medika, Yogyakarta, Indonesia.
Pusat Pengembangan Pendidikan, 2009, Naskah Akademik Student Teacher Aesthetic Role- sharing (STAR), Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
Roach M., Blackmore P., Dempster J., 2000, Supporting High-Level Learning Through Research-Based Methods: interim guideline for course design, TELRI Project-University of Wrwick.
Rosyadi, Alfiani A.P (2016). Kalkulus untuk Teknik. Malang: CV Ampuh Multi Rejeki.
Rosyadi, Alfiani A.P dkk(2016). Metodologi Penelitian, Malang : UMM Press.
Rosyadi, Alfiani A.P dkk (2017). Penerapan Model Guided Discovery Learning Dengan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Derivat.
Umar, Masri Kudrat dkk. (2011). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Riset di Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo.
Widayati Dkk. (2010). Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset (PUPBR). Universitas Gadjah Mada