Pengembangan buku cerita interaktif matematika (BuCIM) berdasarkan teori Dienes

Development of interactive mathematic stories (BuCIM) based on dienes theory

  • Alfiani Athma Putri Rosyadi Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: pengembangan, buku cerita, teori dienes

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana hasil pengembangan buku cerita interaktif matematika dengan teori Dienes pada siswa. Jenis penelitiannya adalah pengembangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah sepuluh siswa TK dengan kategori rendah, sedang dan tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan validasi.  Proses pengembangan buku cerita ini meliputi: analisis permasalahan, mengkaji teori, menyusun Dummy, menyusun buku cerita, validasi dan revisi. Hasil validasi dalam kategori baik, kemudian respon siswa dalam kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adipta, H., Maryaeni, & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. 1(5), 989-992.

Dienes, Z. P. (1963). On the Learning of Mathematics. Australian Journal of Education. https://doi.org/10.1177/000494416300700103

Elia, I., van Den Heuvel-Panhuizen, M., & Georgiou, A. (2010). The role of pictures in picture books on children’s cognitive engagement with mathematics. European Early Childhood Education Research Journal, 116 (2), 242-264 https://doi.org/10.1080/1350293X.2010.500054

Faizah, U. (2009). Keefektifan Cerita Bergambar Untuk Pendidikan Nilai Dan Keterampilan Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3 (3).

Fatimah, A., & Maryani, K. (2018). Visual literasi media pembelajaran buku cerita anak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 5 (1), 61-69 https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.16212

Hassinger-Das, B., Jordan, N. C., & Dyson, N. (2015). Reading stories to learn math: Mathematics vocabulary instruction for children with early numeracy difficulties. Elementary School Journal. 116 (2), 242-264 https://doi.org/10.1086/683986

Indiarti, W. (2017). Nilai-nilai Pembentuk Karakter dalam Cerita Rakyat Asal-Usul Watu Dodol. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra 6 (1), 26-41 https://doi.org/10.26499/jentera.v6i1.334

Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 100-106 https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I1.10378

Kieren, T. E. (1971). Manipulative Activity in Mathematics Learning. Journal for Research in Mathematics Education. 2(3), 228-234 https://doi.org/10.2307/749048

Kurt, S. (2017). ADDIE Model: Instructional Design. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rosyadi, A. A. P., Susanti, R. D., & Dintarini, M. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan

Rustini, T. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10321

Shatzer, J. (2008). Picture Book Power: Connecting Children’s Literature and Mathematics. The Reading Teacher 61 (8), 649-653. https://doi.org/10.1598/rt.61.8.6

Siregar, A., Dewi, R. S., & Harisma, R. (2018). Pengajaran Anak Usia Dini Melalui Buku Flanel Terintegrasi dalam Bahasa Inggris. Paramasastra, 5(1) https://doi.org/10.26740/parama.v5i1.2731

Soegandini, S., & Anugraheni, I. (2017). Perbedaan Pembelajaran Menggunakan Teori Dienes Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Semester 1 Tahun Ajaran 2016/2017. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah 7 (2) Kependidikan. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1222

Soelistyarini, T. D., & Setyaningsih, R. W. (2012). Bercerita Tanpa Menggurui: Gaya Bahasa Dalam Buku Cerita Anak Untuk Membangun Karakter. ATAVISME, 15 (2), 187-196. https://doi.org/10.24257/atavisme.v15i2.59.187-196

Wahyuningsih, S. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Media Prestasi Jurnal Pendidikan STKIP PGRI Ngawi 2(1), 20-29.

Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 3(1), 35-45.

Published
2020-09-24
How to Cite
Rosyadi, A. A. P. (2020). Pengembangan buku cerita interaktif matematika (BuCIM) berdasarkan teori Dienes. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 235-243. https://doi.org/10.33654/math.v6i2.678
Section
Research
Abstract viewed = 434 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 514 times