Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat siswa SMK Kesehatan
Errors analysis in solving the quadratic equation of health vocational school students
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui letak kesalahan dalam menyelesaikan persamaan kuadrat dan ketuntasan belajar pada materi persamaan kuadrat. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa SMK kelas X jurusan Farmasi sebanyak 65 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan analisis yang digunakan dengan teknik persentase. Hasil dari penelitian ini adalah letak kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus abc lebih dominan dengan menggunakan langkah 1 yaitu menentukan nilai-nilai a, b, dan c terutama pada persamaan kuadrat yang dinyatakan tidak baku dan ketuntasan belajar siswa belum tercapai.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.
Herman Hudojo. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Khusnul Khotimah, 2016. Pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar di tinjjauh dari aktifitas belajar. Surakarta:
Murniasih, T., Ferdiani, R., & Fayeldi, T.(2016). Media Smart Diagram Venn Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Himpunan.Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 70-76. Retrieved from http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/30
Putri W, Mella. 2008. Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Matematika Kelas VII Semester Ganjil SMP Tri Sukses Natar Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Lampung: Unila.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konatatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan). Jakarta: Ditjen Depdiknas.
Soleh, Muhammad. 1998. Pokok-pokok pengajaran Matematika Sekolah. Depdikbud: Jakarta.
Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo
Sumarmo, U. 1987. Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa SMA Dikaitkan dengan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi pada Pascasarjana IKIP Bandung: tidak diterbitkan.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.