Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat siswa SMK Kesehatan

Errors analysis in solving the quadratic equation of health vocational school students

  • Rahmi Hidayati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari
Kata Kunci: analisis kesalahan, persamaan kuadrat, rumus abc

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui letak kesalahan dalam menyelesaikan persamaan kuadrat dan ketuntasan belajar pada materi persamaan kuadrat. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa SMK kelas X jurusan Farmasi sebanyak 65 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan analisis yang digunakan dengan teknik persentase. Hasil dari penelitian ini adalah letak kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus abc lebih dominan dengan menggunakan langkah 1 yaitu menentukan nilai-nilai a, b, dan c terutama pada persamaan kuadrat yang dinyatakan tidak baku dan ketuntasan belajar siswa belum tercapai.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.

Herman Hudojo. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Khusnul Khotimah, 2016. Pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar di tinjjauh dari aktifitas belajar. Surakarta:

Murniasih, T., Ferdiani, R., & Fayeldi, T.(2016). Media Smart Diagram Venn Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Himpunan.Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 70-76. Retrieved from http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/30

Putri W, Mella. 2008. Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Matematika Kelas VII Semester Ganjil SMP Tri Sukses Natar Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Lampung: Unila.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konatatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan). Jakarta: Ditjen Depdiknas.

Soleh, Muhammad. 1998. Pokok-pokok pengajaran Matematika Sekolah. Depdikbud: Jakarta.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo

Sumarmo, U. 1987. Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa SMA Dikaitkan dengan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi pada Pascasarjana IKIP Bandung: tidak diterbitkan.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Diterbitkan
2019-04-30
Bagian
Research
Abstrak viewed = 910 times
PDF downloaded = 937 times