The effectiveness of mathematical learning PBL model based on ethnomathematics sasirangan motives of towards student solving ability

Keefektifan pembelajaran matematika model PBL berbasis etnomatematika motif kain sasirangan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa

  • Rahmi Hidayati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari
  • Ratna Restapaty STIKES Borneo Lestari
Kata Kunci: keefektifan, PBL, etnomatematika, kemampuan pemecahan masalah, motif kain sasirangan

Abstrak

Salah satu model pembelajaran matematika yang dapat diterapkan untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah adalah problem based learning (PBL). Dalam hal ini kemampuan pemecahan masalah dapat dikolaborasikan dengan budaya lokal yang ada. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model PBL berbasis etnomatematika motif kain sasirangan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang dilihat dari ketuntasan individual (KKM) dan ketuntasan klasikal. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Banjarbaru tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling, dimana VII E sebagai kelas eksperimen dan VII F sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi dan tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis etnomatematika motif kain sasirangan terhadap efektivitas kemampuan pemecahan masalah peserta didik, ditunjukkan dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik mencapai ketuntasan individual di atas KKM dan ketuntasan klasikal 75%. Dapat dilihat dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen adalah 83,33 dan kelas kontrol adalah 73. Ketuntasan klasikal untuk kelas eksperimen sebesar 77% dan kelas kontrol 40%.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arifin, Z. (2012). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. https://doi.org/979-692-956-2

Barrett, T. & Cashman, D. 2010. A Practitioners’ Guide to Enquiry and Problem-based Learning. Dublin: UCD Teaching and Learning.

Ganie, T. N. 2014. Sasirangan Kain Khas Tanah Banjar. Kalimantan Selatan: Tuas Media.

Gd. Gunantara, Md. Surjana, P. N. R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Quality. https://doi.org/10.1073/pnas.0703993104

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Karatas, I., & Baki, A. (2013). The effect of learning environments based on problem solving on students’ achievements of problem solving. International Electronic Journal of Elementary Education.

Khoiri, W., Rochmad, & Cahyono, A. N. (2013). Problem Based Learning Berbantuan Multimedia dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education.

BNSP (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In School Science and Mathematics.

Polya, G. 1973. How to Solve It (2nd ed.). New Jersey: Princeton University Press

Richardo, R. 2016. Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Universitas Alma Ata Yogyakarta 7(2), 118-125.

Seman, S. 2007. Sasirangan Kain Khas Banjar. Kalimantan Selatan: Lembaga Pengkajian dan Pelestarian Budaya Banjar.

Sirate, F. S. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Winarsih, T. 2015. Kain Sasirangan dan Asal-usul Batik di Indonesia: CV.Sabdo Pinilih.

Yumiati. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa SMPN 9 Pamulang. Jurnal Pendidikan Vol.1. Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Bandung.

Diterbitkan
2019-10-02
Bagian
Research
Abstrak viewed = 534 times
PDF downloaded = 480 times