Kecerdasan dan kreatifitas dalam pemecahan masalah matematika

  • Zahra Chairani STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Kecerdasan, Kreativitas, Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Dua hal yang cukup erat kaitannya dengan pembelajaran matematika dan menjadi aspek yang dikembangkan dalam Grand Desain Pendidikan Karakter adalah pengembangan kecerdasan dan kreatifitas. Kedua aspek tersebut harus dikembangkan dengan lebih sungguh-sungguh dan salah satu strateginya adalah melalui aktivitas pemecahan masalah matematika. Kecerdasan adalah kemampuan untuk menyelesaikan  masalah dengan benar dalam waktu yang relatif singkat. Berpikir kreatif adalah aktivitas mental yang terjadi dalam pikiran seseorang dan digunakan dalam pemecahan masalah yang memenuhi beberapa aspek, yaitu (1) lancar (fluent),(2) fasih (flexible) dan (3) baru (original).Pemecahan masalah merupakan bentuk belajar yang paling tinggi. Siswa yang memiliki kecerdasan dan kreatifitas yang baik mempunyai kapasitas yang lebih besar untuk menyimpan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam memori otaknya, memiliki kemampuan untuk mengaktifkan fungsi otaknya dengan kemampuan untuk menghadirkan kembali konsep-konsep yang telah dipelajarinya untuk digunakan dalam pemecahan masalah, yang memungkinkan untuk mendapatkan solusi dengan berbagai cara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimuddin. 2012. Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gender. Disertasi Program Doktor. UNESA. Tidak diterbitkan.

Bell.H.Frederick. (1978). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary School). Brown Company Publisher.United States of America.

Butts, Thomas. 1980. Posing Problem Property, Problem Solving in School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Hashimoto, Y. 1997. The Methods of Fostering Creativity through Mathematical Problem Solving. Zentralblatt fur didactic der Mathematic (ZDM)- International Journal of Mathematics Education. http://emis.muni.cz/journals/ZDM/zdm973a5.pdf diakses November 2009.

Hudojo.H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Jakarta.

Kesuma , dkk. 2011. Pendidikan Karakter. Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character, New York: Bantam Book.

Munandar, U. 2000. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah: Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua. Gramedia: Jakarta.

Orton,A, (1987). Learning Mathematics; Issues, Theory and Classroom Practice, second Edition, Cassell: New York.

Tang, O.S. 2009. Problem Based Learning and Creativity. Singapure: Cengage Learning.

Samani, M. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Solso, R.L 1995. Cognitive Psychology. Needham Height, M.A: Allyn & Bacon.

Sriraman, B. 2004. The Characteristic of Mathematical Creativity. The Mathematics Educator, 14(1): 19-34

Suharsono. 2001. Mencerdaskan Anak. Inisiasi Press. Jakarta.

West. A.M. 2000. Developing Creativity in Organizations, The British Psychologcal Society.
Published
2016-08-30
How to Cite
Chairani, Z. (2016). Kecerdasan dan kreatifitas dalam pemecahan masalah matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 99-105. https://doi.org/10.33654/math.v2i2.34
Section
Review
Abstract viewed = 533 times
PDF downloaded = 856 times