Scaffolding dalam pembelajaran matematika
Abstract
Dalam belajar matematika, siswa menggunakan strategi kognitif untuk dapat menentukan bagaimana ia belajar, bagaimana ia memanggil kembali informasi, menggunakan apa yang dipelajari, dan bagaimana ia berpikir untuk mendapatkan strategi penyelesaian masalah yang tepat, sehingga ia dapat mencapai tujuan kognitif yaitu menyelesaikan masalah. Dalam menyelesaikan masalah, prosedur penyelesaian masalah matematika merupakan proses kognitif berdasarkan hal-hal yang sudah diketahuinya. Tidak jarang dalam pelaksanaan pembelajaran, terutama pada saat siswa memecahkan masalah matematika, siswa menemui kesulitan. Untuk mengatasi kesulitan ini diperlukan peranan guru atau orang lain yang dapat menjadi fasilitator dan motivator dalam meminimalkan kesulitan dan mengarahkan proses kognitif untuk membantu siswa menyelesaikan masalahnya. Salah satu alternatif penerapan scaffolding memuat komponen-komponen explaining, reviewing, restructuring, dan developing conceptual thinking.
Downloads
References
Bell.H.Frederick. (1978). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary School). Brown Company Publisher.United States of America.
Butts, Thomas. 1980. Posing Problem Property, Problem Solving in School Mathematics. Reston, VA: NCTM
Hashimoto, Y. 1997. The Methods of Fostering Creativity through Mathematical Problem Solving. Zentralblatt fur didactic der Mathematic (ZDM)- International Journal of Mathematics Education. http://emis.muni.cz/journals/ZDM/zdm973a5.pdf diakses November 2009.
Hudojo.H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Jakarta.
Kesuma , dkk. 2011. Pendidikan Karakter . Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character, New York: Bantam Book.
Munandar, U. 2000. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah: Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua. Gramedia: Jakarta.
Orton,A, (1987). Learning Mathematics; Issues, Theory and Classroom Practice, second Edition, Cassell: New York
Tang, O.S. 2009. Problem Based Learning and Creativity. Singapure: Cengage Learning.
Samani, M. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Solso, R.L 1995. Cognitive Psychology. Needham Height, M.A: Allyn & Bacon
Sriraman, B. 2004. The Characteristic of Mathematical Creativity. The Mathematics Educator, 14(1): 19-34
Suharsono. 2001. Mencerdaskan Anak . Inisiasi Press. Jakarta.
West. A.M. 2000. Developing Creativity in Organizations, The British Psychologcal Society
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)