Penggalian nilai karakter religiusitas siswa melalui kontekstual matematika

  • Wanda Nugroho Yanuarto Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: Karakter Religius Siswa, Pembelajaran Matematika

Abstract

Pembelajaran yang didukung oleh peningkatan dan kemapanan akan konsep, khususnya adalah pembelajaran matematika tidak serta merta menjadikan siswa pintar dan cakap akan proses bertahan hidup di masyarakat. Mereka membutuhkan karakter sebagai jati diri manusia untuk dihormati dan menghormati orang lain. Sehingga dengan pembelajaran matematika yang diharapkan dapat menggali nilai karakter religius dapat menjadi kunci keberhasilan seorang guru untuk mendidik siswanya. Proses pendidikan yang menyeluruh dari pendidikan secara formal akan konsep, dan juga pendidikan yang mendukung pemenuhan karakter siswa menjadi suatu keharusan di era sekarang ini. Penelitian pengembangan ini bertujuan disamping mentransfer ilmu tentang konsep matematika, juga untuk menggali karakter religius siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benecerraf, P., & Putnam, H. (1983). Philosophy of mathematics: selected readings. New York: Cambridge University Press

Borg & Gall. (1985). H Educational research. New York: Longman

Ding, Z. (2005). The numerical mysticism of Shao Yong and Pythagoras. Journal of Chinese Philosophy, 32:4, 615-632

Finamore, J.F. (2004). The golden chain: an anthology of pythagorean and platonic philosophy. Toronto: World Wisdom, Inc.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Standar Proses Pendidikan Nasional. Jakarta: Pustaka Raya

Kementrian Pendidikan Nasional. (2011). E-learning Pendidikan. Jakarta: Pustaka Raya

Kemp & Dayton (1985). Planning and producing instructional media. Cambridge: Harper & Row Publishers

Lappan (2005). Teacher engages students in studying mathematics. New Jersey: Mathematical Tasks Press

Livio, M. (2009). Is god a mathematician?. New York: Simon & Schuster

Livio, M. (2002). The golden ratio: the story of phi, the world’s most astonishing number. New York: Broadway

Suparlan. (2010). Menjadi guru efektif. Yogyakarta: Jurusan Administrasi Pendidikan
Published
2016-04-30
How to Cite
Yanuarto, W. N. (2016). Penggalian nilai karakter religiusitas siswa melalui kontekstual matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 52-58. https://doi.org/10.33654/math.v2i1.28
Section
Research
Abstract viewed = 726 times
PDF downloaded = 837 times